Gantikan Peluncur Soyuz Rusia, Roket Terkuat India LVM3 Kirim 36 Satelit OneWeb

Senin, 27 Maret 2023 - 11:15 WIB
loading...
Gantikan Peluncur Soyuz Rusia, Roket Terkuat India LVM3 Kirim 36 Satelit OneWeb
Roket terkuat India yang diberi nama Launch Vehicle Mark-3 (LVM3) meluncurkan 36 satelit konstelasi internet generasi pertama OneWeb menggantikan roket Soyuz Rusia. Foto/ISRO/Space
A A A
NEW DELHI - Roket terkuat India yang diberi nama Launch Vehicle Mark-3 (LVM3) meluncurkan 36 satelit konstelasi internet generasi pertama OneWeb menggantikan roket Soyuz Rusia. Roket LVM3 lepas landas dari Satish Dhawan Space Center India pada Sabtu 25 Maret 2023.

Sekitar 90 menit setelah peluncuran, Organisasi Riset Luar Angkasa India (ISRO) mengumumkan bahwa 36 satelit telah berhasil dikerahkan ke orbit yang diinginkan, pada jalur melingkar sekitar 450 kilometer di atas Bumi. Satelit akan meningkatkan orbitnya sendiri selama beberapa hari mendatang, sampai akhirnya menetap di ketinggian sekitar 1.200 km.

“Peluncuran ini akan menjadi salah satu tonggak paling signifikan dalam sejarah OneWeb. Dengan menambahkan 36 satelit ke armada OneWeb, konstelasi LEO global yang pertama telah diselesaikan,” kata perwakilan OneWeb dalam pernyataan dikutip SINDOnews dari laman Space, Senin (27/3/2023).



Peluncuran hari Sabtu adalah peluncuran besar untuk OneWeb. Itu adalah misi ke-18 dan terakhir untuk membangun konstelasi broadband generasi pertama OneWeb di LEO, yang terdiri dari 582 satelit. “Dengan melengkapi konstelasi, OneWeb mengambil langkah penting ke depan dalam menghadirkan liputan global,” tambah OneWeb.

Sebelumnya, sebagian besar dari 17 peluncuran OneWeb sebelumnya dilakukan oleh roket Soyuz buatan Rusia yang dioperasikan oleh perusahaan Prancis Arianespace. Tetapi perang Rusia Ukraina memutuskan kemitraan itu dan mendorong OneWeb untuk menemukan wahana roket baru untuk satelitnya.

Perusahaan yang berbasis di London segera melakukan hal itu, menandatangani kesepakatan dengan SpaceX dan NewSpace India Limited (NSIL), cabang komersial ISRO. Roket SpaceX Falcon 9 meluncurkan tiga misi untuk OneWeb.

Peluncuran terbaru pada Sabtu 25 Maret 2023 adalah yang kedua di bawah kontrak NSIL. Pertama, pada Oktober 2022, juga diluncurkan oleh roket LVM3, yang juga dikenal sebagai GSLV MK III. GSLV adalah singkatan dari "Kendaraan Peluncuran Satelit Geosinkron."



Roket LVM3 berukuran tinggi 43,5 meter dan merupakan roket paling kuat di India. Menurut data spesifikasi ISRO, roket ini mampu mengirimkan 8.000 kilogram muatan ke konstelasi orbit LEO. “36 satelit OneWeb yang diluncurkan pada Sabtu 25 Maret 2023 memiliki berat total 5.805 kg,” tulis ISRO.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2686 seconds (0.1#10.140)