Jumlah Total Semut di Seluruh Dunia Ternyata Segini

Kamis, 30 Maret 2023 - 06:04 WIB
loading...
A A A
Penelitian kami melibatkan analisis terhadap 489 penelitian tentang populasi semut yang dilakukan oleh sesama ilmuwan semut dari seluruh dunia. Ini termasuk literatur non-Inggris dalam bahasa-bahasa seperti Spanyol, Prancis, Jerman, Rusia, Mandarin, dan Portugis.

Penelitian ini mencakup semua benua dan habitat utama semut seperti hutan, gurun, padang rumput, dan kota. Mereka menggunakan metode standar untuk mengumpulkan dan menghitung semut seperti perangkap jebakan dan sampel serasah daun.

Dari semua ini, kami memperkirakan ada sekitar 20 kuadriliun semut di Bumi. Angka ini dua hingga 20 kali lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya.

Angka-angka sebelumnya menggunakan pendekatan “top-down” dengan mengasumsikan semut terdiri dari sekitar 1% dari estimasi populasi serangga di dunia.

Sebaliknya, estimasi “dari bawah ke atas” kami lebih dapat diandalkan karena menggunakan data semut yang diamati secara langsung di lapangan dan membuat lebih sedikit asumsi.

Langkah kami selanjutnya adalah menghitung berapa berat semua semut ini. Massa organisme biasanya diukur dalam hal susunan karbonnya. Kami memperkirakan bahwa 20 kuadriliun semut berukuran rata-rata setara dengan berat kering atau biomassa dari sekitar 12 juta ton karbon.

Jumlah ini lebih banyak dari gabungan biomassa burung dan mamalia liar - dan sekitar 20% dari total biomassa manusia.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)