Jumlah Total Semut di Seluruh Dunia Ternyata Segini

Kamis, 30 Maret 2023 - 06:04 WIB
Jumlah Total Semut di Seluruh Dunia Ternyata Segini
Jumlah total semut di seluruh dunia. FOTO/ NG
LONDON - Sebelumnya tak pernah ada yang bisa memperkirakan berapa jumlah semut yang ada di dunia. Namun kini sebuah penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah memberikan jawaban perkiraannya.

Hasil penelitian memperkirakan bahwa planet kita memiliki sekitar 20 kuadriliun semut. Itu berarti 20 ribu juta juta, atau dalam bentuk angka, 20.000.000.000.000.000 (20 dengan 15 angka nol).

Seperti dilansir dari Conversations, Kamis (30/3/2023), riset ini juga memperkirakan bahwa semut di dunia secara kolektif menghasilkan sekitar 12 juta ton karbon yang kering.

Jumlah ini melebihi jumlah seluruh burung liar dan mamalia liar di dunia jika digabungkan. Jumlah ini juga setara dengan seperlima dari total berat badan manusia.

Ahli biologi terkemuka Edward O. Wilson pernah mengatakan bahwa serangga dan hewan tidak bertulang belakang lainnya adalah “makhluk kecil yang menguasai dunia” - dan dia benar. Semut adalah bagian penting dari alam.

Ada lebih dari 15.700 spesies dan subspesies semut yang telah diberi nama, masih banyak lagi yang belum diberi nama oleh sains.

Organisasi sosial semut yang tinggi telah memungkinkan mereka untuk menjajah hampir semua ekosistem dan wilayah di seluruh dunia.

Keberadaan semut yang sangat mencengangkan telah mendorong banyak ahli ilmu alam untuk memikirkan jumlah pasti semut di Bumi.

Namun, pada dasarnya ini adalah tebakan-tebakan yang terdidik. Perkiraan yang sistematis dan berbasis bukti yang masih kurang.