Cara Kuno Anak-anak Afrika Mempelajari dan Menghafal Al Qur'an

Sabtu, 01 April 2023 - 08:16 WIB
loading...
Cara Kuno Anak-anak Afrika Mempelajari dan Menghafal Al Quran
Anak-anak Afrika mempelajari dan menghafal Al Quran dengan menulis di tablet kayu. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Sebuah manuskrip kuno cara mempelajari dan menjadi penghafal Al Qur'an, di Afrika, ditemukan. Yang mengejutkan, tradisi kuno itu diwariskan hingga generasi saat ini.

Seperti dilansir dari Twitter Bayt Al Fann @BaytAlFann. Tampak, dalam sejumlah unggahan fotonya, anak-anak di Afrika sedang mempelajari dan menghafal Al Qur'an dengan cara menulis di tablet kayu.

Mereka juga belajar menulis kaligrafi secara tradisional dengan menggunakan tablet papan sejak zaman kuno itu.



"Di Afrika, budaya manuskrip kuno masih bertahan hingga saat ini dalam mempelajari Al Qur'an. Para siswa menggunakan tablet kayu untuk berlatih kaligrafi Arab, dan membantu mereka menghafal ayat-ayat Al-Qur'an," katanya, dikutip SINDOnews, Sabtu (1/4/2023).

Metode kuno belajar dengan tablet papan itu hingga kini masih diajarkan di sekolah-sekolah di Afrika Barat dan Utara. Diketahui, metode itu dianggap cukup berhasil bagi anak-anak tersebut.

"Menulis di papan kayu adalah metode tradisional menghafal Al Qur'an. Papan Al-Qur'an digunakan oleh siswa untuk menulis kutipan dari Al-Qur'an atau untuk berlatih menulis ayat-ayat tertentu dengan batu tulis dan kapur. Papan ini umumnya berbentuk datar, persegi panjang & dengan pegangan di salah satu ujung atau keduanya," bebernya.

Dengan metode kuno itu, Al-Qur'an dihafalkan dengan cara ditulis ulang setiap babnya. Sambil menulis, anak-anak akan menghafalkan ayat-ayat itu.



"Mereka kemudian akan terus menghafal baris-baris yang tertulis di tablet dari sebuah surah Al-Qur'an dengan cara melafalkannya dengan keras bersama teman-teman mereka," sambungnya.

Setelah selesai, tablet kayu tersebut dihapus dengan cara dicuci menggunakan air. Proses pencucian dilakukan dengan penuh penghormatan, karena diyakini mengandung firman Allah.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, ikatlah ilmu dengan tulisan. Ilmu pengetahuan yang disampaikan melalui tulisan, akan mengikat pengetahuan dan kemampuan untuk menghafal.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2161 seconds (0.1#10.140)