Bukti Bangsa Arab Gemar Memburu Hiu Sejak 6.000 Tahun Lalu

Minggu, 02 April 2023 - 17:06 WIB
loading...
Bukti Bangsa Arab Gemar Memburu Hiu Sejak 6.000 Tahun Lalu
Para arkeolog menemukan kail tersebut selama survei tahun 2018 di sepanjang pantai Mediterania di pinggiran Ashkelon. FOTO/ DAILY
A A A
TEL AVIV - Hiu telah ada sekitar 6.000 tahun yang lalu di tempat yang sekarang disebut Israel. Hal ini dibuktikan dengan penemuan sebuah kail hiu di sebuah desa yang baru ditemukan terkubur di bawah situs arkeologi terkenal.

BACA JUGA - Mancing Ikan, Ayah dan Anak Hilang Terseret Banjir Bandang

Para arkeolog menemukan kail tersebut selama survei tahun 2018 di sepanjang pantai Mediterania di pinggiran Ashkelon.

Sebuah kota yang dibangun di atas pelabuhan laut kuno dengan nama yang sama dan berasal dari Mesir kuno.

Struktur Bizantium dan Romawi sebelumnya telah ditemukan di situs tersebut. Situs yang berada sekitar 4 kilometer dari laut.

“Kail pancing langka menceritakan kisah para nelayan desa yang berlayar ke laut dengan perahu mereka dan melemparkan kail tembaga yang baru ditemukan ke dalam air, berharap untuk menambahkan hiu pesisir ke dalam menu,” kata Yael Abadi-Reiss seorang arkeolog dari Israel Antiquities Authority seperti dilansir dari Unilad

Tetapi penggalian baru mengungkapkan bagian dari sebuah desa yang berusia sekitar 6.000 tahun ke periode Chalcolithic. Era yang juga dikenal sebagai "Zaman Tembaga" antara 4500 SM. dan 3500 SM.

Kail memiliki panjang sekitar 6,5 sentimeter dan lebar 4 cm. Ini cukup besar untuk menarik hiu dengan panjang antara 2 hingga 3 meter.

Mereka seperti hiu kehitaman (Carcharhinus obscurus) dan hiu gundukan pasir (Carcharhinus plumbeus), atau ikan besar seperti tuna yang semuanya berasal dari Mediterania.

Namun menurut The Times of Israel mengingat apa yang diketahui ahli biologi kelautan tentang ekosistem laut dalam di wilayah tersebut, hiu adalah target yang lebih mungkin.

yang memimpin penggalian tersebut mengatakan ini merupakan "penemuan unik" karena sebagian besar kail pancing lain yang ditemukan dari periode ini berukuran lebih kecil dan terbuat dari tulang.

Mungkin ini adalah salah satu varian logam pertama yang dibuat orang di wilayah tersebut, mengingat tembaga adalah bahan yang relatif baru pada saat itu.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2988 seconds (0.1#10.140)