Penelitian Ungkap Dinosaurus T Rex Memiliki Bibir Bersisik

Senin, 03 April 2023 - 14:55 WIB
loading...
Penelitian Ungkap Dinosaurus T Rex Memiliki Bibir Bersisik
Ilustrasi fosil dinosaurus. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian mengungkapkan, Tyrannosaurus Rex memiliki bibir bersisik yang menutupi gigi mereka. Penelitian ini telah diterbitkan di jurnal Science.

Dilansir dari Fox News, temuan ini mendistorsi gambaran seri klasik Jurassic Park. Dikatakan, gigi pada T. Rex dan theropoda besar lainnya kemungkinan besar tertutupi oleh bibir.

"Gigi-gigi tersebut tidak menonjol keluar ketika mulutnya tertutup, hanya bibirnya saja yang terlihat bahkan dalam gigitan yang terbuka lebar," tulis laman itu, Senin (3/4/2023).



Thomas Cullen, seorang ahli paleontologi dan asisten profesor di Auburn University mengatakan, pihaknya telah merekonstruksi anatomi jaringan lunak, membandingkan pengukuran gigi dan catatan kesehatan gigi.

"Apa yang biasa Anda lihat di layar lebar tidak akurat. Gigi dinosaurus theropoda ini tidak mengalami keausan seperti buaya, dan kemungkinan besar memiliki penutup seperti bibir," paparnya.



Cullen mencatat, bahwa bibir dinosaurus sangat berbeda dengan bibir manusia, karena meskipun menutupi gigi, mereka tidak dapat digerakkan secara independen.

"Dengan cara ini, bibir dinosaurus akan lebih mirip dengan banyak kadal atau amfibi, bahkan jika kita biasanya mengasosiasikan struktur bibir dengan mamalia seperti kita," tukasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2557 seconds (0.1#10.140)