Ini 4 Astronot Awak Misi Artemis 2

Selasa, 04 April 2023 - 14:54 WIB
loading...
Ini 4 Astronot Awak Misi Artemis 2
NASA secara resmi mengumumkan empat astronot untuk awak misi mengelilingi bulan Artemis 2. Keempat astronot ini diharapkan menjadi penjelajah bulan pertama sejak program Apollo 50 tahun yang lalu. Foto/NASA
A A A
HOUSTON - NASA secara resmi mengumumkan empat astronot untuk awak misi mengelilingi bulan Artemis 2. Keempat astronot ini diharapkan menjadi penjelajah bulan pertama sejak program Apollo 50 tahun yang lalu.

Keempat awak Artemis 2, adalah komandan Reid Wiseman, pilot Victor Glover, spesialis misi Christina Koch, dan Jeremy Hansen. Pengumuman awak Artemis 2 diadakan di Ellington Field, rumah bagi operasi pesawat NASA yang berlokasi di dekat Johnson Space Center di sini di Houston, Senin (3/4/2023) waktu setempat.

“Reid, Victor, Christina, dan Jeremy, memiliki kisahnya sendiri. Tapi bersama-sama, mereka mewakili keyakinan kami, E pluribus unum. Bersama-sama, kita akan mengantarkan era baru eksplorasi untuk generasi baru pelaut dan pemimpi bintang — Generasi Artemis,” kata Administrator NASA Bill Nelson dikutip SINDOnews dari laman Space, Selasa (4/4/2023).



Empat awak Artemis 2 dipilih oleh korps astronot aktif saat ini yang terdiri dari 41 astronot NASA dan empat astronot CSA. Keputusan memilih kru Artemis 2 ada di tangan kepala kantor astronot Joe Acaba, kepala direktorat operasi penerbangan Norm Knight dan Vanessa Wyche, dan direktur Johnson Space Center.

Profil 4 Astronot Misi Artemis 2

Reid Wiseman, 47, menghabiskan 165 hari di orbit Bumi pada misi pertamanya, penerbangan 2014 ke ISS. Berasal dari Baltimore, Maryland, dan mantan pilot pesawat tempur Angkatan Laut AS ini terpilih untuk kelas astronot ke-20 NASA pada tahun 2009.

Wiseman baru-baru ini menjabat sebagai kepala kantor astronot NASA dari tahun 2020 hingga 2022. “Ada tiga kata yang terus kami ucapkan dalam program Artemis dan itu adalah, 'Kami akan pergi'. Dan saya ingin semua orang mengucapkannya,” kata Wiseman.



Victor Glover, 46, menjadi astronot NASA pada 2013. Dia terbang sebagai pilot penerbangan luar angkasa berawak operasional pertama SpaceX (Kru-1) dan mencatat 167 hari di ISS pada 2021. Lahir di Pomona, California, dia adalah seorang insinyur dan kapten di Angkatan Laut AS.

Glover adalah astronot kulit hitam pertama yang bertugas di kru stasiun luar angkasa. “Kita perlu merayakan momen ini dalam sejarah manusia karena Artemis II lebih dari sekadar misi ke kbulan, ini adalah langkah selanjutnya untuk perjalanan manusia ke Mars,” ucapnya.
Ini 4 Astronot Awak Misi Artemis 2


Christina Koch, 44, lahir di Grand Rapids, Michigan dan dibesarkan di Jacksonville, Carolina Utara. Sebagai anggota kelas astronot ke-21 NASA yang dipilih pada tahun 2013, Koch mencetak rekor di Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk misi tunggal terlama oleh seorang wanita pada 328 hari. “Ketika saya memikirkan tentang misi ini, apakah saya senang? Tentu saja,” kata Koch.

Jeremy Hansen, 47, terpilih untuk bergabung dengan korps astronot Kanada pada tahun 2009. Dia seorang kolonel di Royal Canadian Air Force, kelahiran di London, Ontario.

Jeremy Hansen adalah astronot Badan Antariksa Kanada (CSA) yang terbang berdasarkan perjanjian antara AS dan Kanada. Dia akan menjadi orang non-Amerika pertama yang meninggalkan orbit Bumi dan terbang ke bulan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2031 seconds (0.1#10.140)