Spesifikasi FA-50, Jet Tempur Korea Selatan dengan Kemampuan yang Mengejutkan

Rabu, 05 April 2023 - 12:43 WIB
loading...
Spesifikasi FA-50, Jet Tempur Korea Selatan dengan Kemampuan yang Mengejutkan
Korea Selatan merupakan sebuah negara yang berada di kawasan Asia Timur. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Korea Selatan merupakan sebuah negara yang berada di kawasan Asia Timur. Mereka memiliki ibu kota negara di Seoul.

Pada statusnya, Korea Selatan juga memiliki kekuatan militer yang tidak bisa diremehkan. Tak kalah dengan negara lain, mereka juga memiliki banyak persenjataan militer canggih yang mempunyai kualitas mumpuni.

Dari sekian banyak, salah satu yang cukup menarik perhatian adalah jet tempur bernama FA-50. Lantas, seperti apakah spesifikasi yang dimiliki alat tempur ini? Simak ulasannya!


Spesifikasi Jet Tempur FA-50 Korea Selatan

FA-50 merupakan jet tempur yang dimiliki Korea Selatan. Pada produksinya, mereka dikembangkang oleh Korea Aerospace Industries (KAI) untuk Angkatan Udara Republik Korea (ROKAF).

Mengutip laman Airforce Technology, Rabu (5/4/2023), jet tempur ini adalah versi tempur ringan dari KAI T-50 Golden Eagle. Pengembangannya sendiri dimulai pada Oktober 1997.

Selama pengembangannya, enam prototipe telah dibuat hingga Januari 2006. Selain itu, produksinya sendiri dilakukan untuk menggantikan armada F-5E/F dan A-37 ROKAF yang dirasa sudah tua.

Pada perancangannya, FA-50 didasarkan pada platform latih canggih supersonik T-50. Mereka disematkan sebuah radar canggih dengan kemampuan deteksi yang mirip seperti pesawat tempur KF-16.

Kemudian, pada bagian mesin pengembang membekalinya dengan mesin turbofan General Electric F404-GE-102 . Adapun performanya sendiri disokong oleh sistem dual-channel full authority digital engine control (FADEC).

Mesin tersebut bisa memberikan kecepatan maksimum hingga 1.837,5 km/jam atau sekitar Mach 1,5. Selain itu, jet tempur ini dapat membawa 568 liter bahan bakar tambahan di tangki eksternalnya.

Beralih ke persenjataan, FA-50 milik Korea Selatan ini dapat membawa muatan senjata hingga 4,5 ton. Sejumlah persenjataan yang bisa dibawa di antaranya adalah rudal udara jarak pendek AIM 9 Sidewinder, rudal taktis AGM-65 Maverick, GBU-38 JDAM, CBU-105 Sensor Fused Weapon (SFW), Bom Mk-82 Low Drag General Purpose (LDGP), dan lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5299 seconds (0.1#10.140)