Teleskop James Webb Rekam Foto Planet Uranus dan Cincinnya yang Menakjubkan

Jum'at, 07 April 2023 - 08:56 WIB
loading...
Teleskop James Webb Rekam Foto Planet Uranus dan Cincinnya yang Menakjubkan
Uranus adalah planet ketujuh dari Matahari dan memiliki jarak sekitar 2,9 miliar kilometer dari Matahari. Foto: dok JWST
A A A
JAKARTA - NASA baru saja merilis gambar baru Uranus, planet ketujuh di tata surya kita. Foto terbaru tersebut diambil oleh James Webb Space Telescope (JWST) , yang memperlihatkan detail luar biasa dari planet Uranus dan cincin serta bulan di sekitarnya.

Ternyata selama ini, foto-foto terkait Uranus dan cincinnya itu masih sangat minim. Atau, biasanya hanya dari rekayasa komputer. Tapi, foto asli Uranus sendiri tidak terlalu banyak yang mendetail.

Nah, para peneliti percaya bahwa pencitraan lanjutan dengan teleskop JWST akan memberikan lebih banyak detail terhadap Planet Uranus dalam waktu dekat.

Dan ini penting, karena banyak yang penasaran dengan Uranus. Planet ini dikenal unik dan aneh, sebab planet raksasa yang dikenal sangat dingin itu merupakan satu-satunya planet yang berputar di sisinya, hampir tegak lurus dengan orbitnya.

Planet tersebut memiliki sumbu yang hampir miring sekitar 98 derajat, sehingga orbitnya hampir berbaring pada bidang ekliptika.

Uranus memiliki radius sekitar 25.362 kilometer, sehingga planet ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada Neptunus dan lebih kecil daripada Jupiter dan Saturnus.

Uranus juga memiliki banyak fakta menarik, termasuk tudung kutub sementara yang tampak muncul di musim panas dan menghilang di musim dingin.

Teleskop James Webb Rekam Foto Planet Uranus dan Cincinnya yang Menakjubkan

Warna biru kehijauan planet Uranus berasal dari lapisan awan yang terbuat dari metana di atmosfernya. Foto: JWST

“Kami belum tahu apa yang menyebabkan area itu menjadi terang dan redup seperti itu, tetapi kami berharap data baru yang dikumpulkan Webb bersama dengan gambar-gambar ini akan memberikan sedikit wawasan tentang fenomena tersebut,” tulis NASA.

Salah satu detail foto yang terungkap oleh JWST adalah 11 dari 13 cincin Uranus, yang ternyata kecerahannya sangat bervariasi dari satu cincin ke cincin lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6733 seconds (0.1#10.140)