Teleskop James Webb Rekam Foto Planet Uranus dan Cincinnya yang Menakjubkan

Jum'at, 07 April 2023 - 08:56 WIB
loading...
A A A
Sehingga seringkali sulit untuk membedakan satu sama lain. Untuk mendapatkan 11 tampilan penuh langsung dari cicin tersebut akan luar biasa. Ilmuwan percaya pencitraan Webb di masa depan akan mengungkapkan dua lainnya dalam waktu singkat.

Fakta lain yang terungkap adalah kumpulan bulan yang mengelilingi Uranus. Uranus diperkirakan memiliki 27 bulan, dan ada 6 yang paling terang.

Foto JWST terhadpa planet Uranus diambil dari jarak hampir 3,2 juta kilometer hanya dengan eksposur 12 menit dan dua filter. Para ilmuwan yakin mereka dapat menghitung bulan planet Uranus pada pengamatan di masa depan.



NASA melihat ada peningkatan minat terhadap Uranus baru-baru ini. Tahun lalu, ada rilis Survei Decadal Sains Planet dan Astrobiologi 2022—dikenal sebagai Dekadel—yang merupakan laporan sekali dalam satu dekade yang disusun oleh delegasi ilmiah untuk membantu memandu pendanaan di lapangan selama sepuluh tahun ke depan.

Salah satu target yang dipilih dalam Dekadel untuk studi mendalam dalam dekade berikutnya adalah Uranus dan sistem bulannya.

Karena itu, sekarang ada rencana untuk mengirim misi yang disebut Uranus Orbiter and Probe ke planet ini dalam waktu dekat untuk mempelajari Uranus dan satelitnya.

Uranus pertama kali ditemukan pada 1781 oleh astronom asal Inggris, Sir William Herschel, dan planet ini dinamai sesuai dengan nama dewa Yunani Uranus, yang merupakan dewa langit dan ayah dari Kronos (Saturnus) dalam mitologiYunani.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)