Ilmuwan Ungkap Misteri Kuning Telur di Lukisan Leonardo da Vinci

Jum'at, 07 April 2023 - 19:36 WIB
loading...
Ilmuwan Ungkap Misteri Kuning Telur di Lukisan Leonardo da Vinci
Misteri Kuning Telur di Lukisan Leonardo da Vinci berhasil terkuak. FOTO/ CT
A A A
NEW YORK - Sebuah studi baru mengklaim bahwa seniman terkenal seperti Leonardo da Vinci , Sandro Botticelli dan Rembrandt mungkin menggunakan protein, terutama kuning telur, dalam lukisan cat minyak mereka.



Seperti dilansir dari Daily Start, deberapa jejak residu protein telah lama diidentifikasi dalam lukisan cat minyak klasik, tetapi sering dikaitkan dengan polusi.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communication menemukan bahwa efek tersebut mungkin disengaja dan menjelaskan pengetahuan teknis yang dimiliki oleh pelukis terampil Eropa pada abad ke-16, 17, atau awal abad ke-18 dan bagaimana cat disiapkan.

Penulis studi dari Institut Teknologi Karlsruhe di Jerman, Ophélie Ranquet, mengatakan hanya ada sedikit sumber tertulis mengenai masalah ini.

Padahal, kata dia, belum ada karya ilmiah yang dilakukan sebelumnya untuk menyelidiki subjek secara mendalam.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa meskipun jumlah kuning telur sangat kecil, Anda dapat mencapai perubahan yang menakjubkan pada sifat cat minyak. Itu juga mengungkapkan bagaimana hal itu bisa bermanfaat bagi artis," katanya.

Laporan menyatakan bahwa dengan hanya menambahkan sedikit kuning telur ke lukisan, itu dapat memiliki efek abadi yang melampaui nilai estetika.

Kabarnya, lukisan terkenal Leonardo da Vinci, Madonna of the Carnation diamati dalam penelitian tersebut.

Bukti kuning telur dalam cat minyak atau kekurangannya bisa dilihat di lukisan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1639 seconds (0.1#10.140)