Bukan Rolex, Ini Jam Tangan yang Digunakan Neil Armstrong ke Bulan

Jum'at, 07 April 2023 - 21:18 WIB
loading...
Bukan Rolex, Ini Jam Tangan yang Digunakan Neil Armstrong ke Bulan
Neil Armstrong. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Tidak semua jam tangan terkenal bisa digunakan dalam misi perjalanan ke bulan. Bukan Rolex, ternyata jam tangan yang digunakan dalam perjalanan ke bulan pertama kali adalah Omega.

Dilansir dari Gear Patrol, tercatat misi pertama ke luar angkasa itu menggunakan Apollo 11, pada 16 Juli 1969.

"Pesawat ruang angkasa Apollo 11, yang modul komandonya kebetulan bernama Columbia, diluncurkan ke orbit dari Kennedy Space Center di Brevard County, Florida. Hanya empat hari kemudian, pada 20 Juli 1969, mereka mendarat di permukaan ulan," tulis laman itu, dikutip SINDOnews, Jumat (7/4/2023).



Di dalam pesawat luar angkasa itu, terdapat empat awak, yakni Komandan Neil Armstrong, Pilot Modul Komando Michael Collins, Pilot Modul Lunar Buzz Aldrin dan kronograf mekanis Omega Speedmaster.

Setahun setelah peluncuran Program Apollo, NASA mulai mencari arloji yang dapat diandalkan untuk berfungsi sebagai jam tangan resmi program luar angkasa.

"Mereka memulai proses dengan mengajukan permintaan proposal dari beberapa merek terpilih: Elgin, Benrus, Hamilton, Mido, Lucien Piccard, Omega, Bulova, Rolex, Longines-Wittnauer dan Gruen," ungkapnya.

Dari 10 merek itu, hanya empat yang menjawab panggilan NASA, yakni Omega, Longines-Wittnauer, Rolex dan Hamilton. Namun, Hamilton mempresentasikan arloji saku, dan dengan demikian didiskualifikasi karena tidak mematuhi spesifikasi NASA.



"Jam-jam tangan lainnya adalah Rolex 6238 "pre-Daytona," Longines-Wittnauer 242T, dan Omega Speedmaster. Jam tangan ini lalu menjalani serangkaian pengujian yang ketat. Uji coba jam tangan NASA pada dasarnya adalah program penyiksaan untuk jam tangan yang bersangkutan," paparnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)