5 Tank Andalan Negara BRICS, Nomor 2 Jagoan di Medan Perang Rusia Ukraina

Jum'at, 07 April 2023 - 23:05 WIB
loading...
5 Tank Andalan Negara BRICS, Nomor 2 Jagoan di Medan Perang Rusia Ukraina
BRICS juga mencerminkan kekuatan militer tersendiri, karena memiliki kemandirian dan persenjataan modern. Foto/Military-today/army-technology/armyrecognition
A A A
JAKARTA - BRICS adalah akronim untuk Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan, merupakan salah satu kekuatan ekonomi dunia. BRICS hadir untuk mempromosikan perdamaian, keamanan, pembangunan, dan kerja sama.

BRICS sejak awal memiliki efek positif pada sistem internasional dan negara-negara BRICS secara individual muncul sebagai kekuatan ekonomi baru. Pada tahun 2010, China menjadi ekonomi terbesar kedua di dunia.

BRICS juga mencerminkan kekuatan militer tersendiri, karena memiliki kemandirian dan persenjataan modern. Berikut dikupas daftar 5 tank andalan negara-negara BRICS dirangkum SINDOnews dari laman military-today, army-technology, armyrecognition, Jumat (7/4/2023).

1. Tank Osorio Brasil

5 Tank Andalan Negara BRICS, Nomor 2 Jagoan di Medan Perang Rusia Ukraina


Tank tempur utama Osorio dikembangkan pada pertengahan 1980-an oleh Engesa untuk Angkatan Darat Brasil dan ekspor. Sebanyak dua prototipe sudah dibangun, prototipe pertama selesai pada tahun 1985 dan prototipe kedua pada tahun 1986.



Tank Osorio yang memiliki bobot 43 ton dirancang khusus untuk mengakomodasi kondisi infrastruktur di Brasil. Tank Osorio dipersenjatai meriam smoothbore 120 mm GIAT G1 Prancis yang lebih bertenaga, tetapi amunisinya dikurangi menjadi 38 peluru.

Persenjataan sekunder EE-T1 terdiri dari dua senapan mesin 7,62 mm. Salah satunya dipasang secara koaksial, sementara yang lain ditempatkan di atas atap. Tank Osorio empat awak, terdiri dari komandan, penembak, pemuat, dan pengemudi.

Secara umum desain tank Osorio sukses, namun kurangnya dana tidak bisa memenuhi pesanan Angkatan Darat Brasil sebanyak 300 unit. Akhirnya proyek tank Osorio ditinggalkan dan Engesa bangkrut.

2. Tank T-90S Rusia

5 Tank Andalan Negara BRICS, Nomor 2 Jagoan di Medan Perang Rusia Ukraina
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2372 seconds (0.1#10.140)