5 Daftar Hewan Berkantong Selain Kanguru, Nomor Terakhir Terancam Punah

Kamis, 13 April 2023 - 17:13 WIB
loading...
5 Daftar Hewan Berkantong Selain Kanguru, Nomor Terakhir Terancam Punah
Kanguru adalah mamalia berkantong atau marsupial yang paling terkenal di dunia, padahal secara total ada sekitar 330 spesies. Sebagian besar spesies marsupial dunia, sekitar 70%, ditemukan di benua Australia dan pulau-pulau terdekat. Foto-Foto/Activewild
A A A
JAKARTA - Kanguru adalah mamalia berkantong atau marsupial yang paling terkenal di dunia, padahal secara total ada sekitar 330 spesies. Sebagian besar spesies marsupial dunia, sekitar 70%, ditemukan di benua Australia dan pulau-pulau terdekat.

Marsupial atau mamalia berkantong, tidak seperti mamalia plasental. Marsupial menggunakan kantong untuk melindungi anaknya dari pemangsa dan kondisi lingkungan yang tidak bersahabat. Diketahui marsupial melahirkan anak yang relatif belum berkembang, yang dikenal sebagai "joey".

Setelah lahir, marsupial muda mengalami perkembangan lebih lanjut dalam kantong khusus di tubuh induknya. Di sini joey terlindung dari pemangsa dan lingkungan, serta memiliki akses ke susu induknya. Berikut 5 hewan berkantong seperti kanguru yang dirangkum SINDOnews dari laman Activewild, Kamis (13/4/2023).

1. Wallaby Berleher Merah (Wallaby Bennett)

5 Daftar Hewan Berkantong Selain Kanguru, Nomor Terakhir Terancam Punah


Walabi berleher merah yang juga dikenal sebagai walabi Bennett, banyak ditemukan di hutan, semak belukar, dan padang rumput, di daratan timur Australia dan di Tasmania. Walabi berleher merah (Macropus rufogriseus) memiliki panjang tubuh sekitar 90 cm.



Bulunya lembut berwarna abu-abu, dengan semburat kemerahan, terutama di bagian belakang leher. Wallaby berleher merah, masih keluarga dekat dengan kanguru, hanya saja ukuran tubuhnya lebih kecil.

2. Sugar Glider

5 Daftar Hewan Berkantong Selain Kanguru, Nomor Terakhir Terancam Punah


Sugar glider adalah posum kecil yang telah mengembangkan kemampuan untuk meluncur melalui selaput antara tangan dan kaki. Sugar glider (Petaurus breviceps) dapat meluncur dengan jarak hingga 50 meter.

Sugar glider memiliki tubuh dan panjang ekor sekitar 27 cm dan termasuk omnivora yang aktif di malam hari. Makanan sugar glider terdiri dari getahatau gum dari pohon, dan serangga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2432 seconds (0.1#10.140)