Margaret Hamilton, Wanita Hebat yang Membawa Manusia ke Bulan

Jum'at, 14 April 2023 - 17:15 WIB
loading...
Margaret Hamilton, Wanita Hebat yang Membawa Manusia ke Bulan
Margaret Hamilton memperlihatkan tumpukan dokumen Apollo 11. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Margaret Hamilton merupakan salah satu wanita paling penting dalam misi membawa manusia ke bulan. Dia merupakan salah satu programmer sistem komputer Apollo 11 Spacecraft 1969.

Dilansir dari unggahan Twitter World Of History @UmarBzv, tampak Margaret Hamilton berdiri di samping tumpukan dokumen penting. Namun, keterangan foto dalam unggahan itu dianggap kurang tepat.

"Margaret Hamilton yang membawa umat manusia ke bulan. Dia berdiri di samping kode yang dia buat untuk memprogram sistem komputer di The Apollo 11 Spacecraft, 1969," tulisnya, dikutip Jumat (14/4/2023).



Salah seorang netizen Springblade ftw @steveMmattison mengatakan, keterangan itu kurang tepat. Karena semua dokumen itu tidak dikerjakan dan ipecahkan sendiri oleh Margaret Hamilton.

"Cerita keren, tapi tidak benar. Dia tidak menulis semua kode itu sendiri. Dia berdiri di samping tumpukan semua yang bisa mereka temukan di gedung," ungkapnya.

Sementara itu, dilansir dari laman Nasa, tim yang terlibat dalam proyek bersejarah itu berjumlah 400.000 orang.

"Keberhasilan itu tidak akan terjadi jika bukan karena tim yang terdiri dari 400.000 orang yang bekerja untuk memastikan keberhasilan misi dan keselamatan astronot Neil Armstrong, Buzz Aldrin dan Michael Collins," jelasnya.



Dari 400.000 orang itu, Margaret Hamilton merupakan salah satunya. Dia merupakan seorang programmer komputer yang memimpin Divisi Rekayasa Perangkat Lunak dari MIT Instrumentation Laboratory (sekarang Draper Labs).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2512 seconds (0.1#10.140)