Teleskop Ini Menangkap Detail Permukaan Bulan Tempat Apollo 15 Mendarat

Selasa, 02 Februari 2021 - 07:21 WIB
Teleskop Ini Menangkap Detail Permukaan Bulan Tempat Apollo 15 Mendarat
Gambar radar wilayah Hadley, tempat Apollo 15 mendarat pada tahun 1971. Foto/NRAO/GBO/Raytheon/NSF/AUI
JAKARTA - Para astronom telah melakukan tes observasi yang luar biasa untuk teleskop radio di Bumi. Mereka menggunakan sistem radar baru untuk menangkap gambar resolusi tinggi yang menakjubkan dari ruang angkasa dekat Bumi. Mereka menargetkan bisa menangkap gambar lokasi pendaratan Apollo 15 di Bulan.

Teleskop Green Bank di West Virginia dilengkapi dengan pemancar gelombang radio baru kembali pada bulan November. Para peneliti mengirim sinyal ke Bulan dalam uji bukti konsep. Apa yang mereka dapatkan adalah gambaran yang luar biasa. Wilayah Hadley di sisi dekat Bulan terlihat dengan resolusi 5 meter (16,4 kaki). (Baca: NASA Dipersenjatai Nuklir untuk Invasi Bulan dan Planet Mars)

Secara khusus, gambar menunjukkan kawah Hadley , yang berukuran 6 kilometer, dan Hadley Rille yang berliku-liku, cekungan sempit yang membentang sejauh 130 kilometer dengan lebar rata-rata 1,2 kilometer dan kedalaman beberapa ratus meter. Ini diyakini sebagai tabung lava kuno, yang telah runtuh selama miliaran tahun.

Pengamatan tersebut telah menghasilkan beberapa pemandangan terbaik kawasan yang pernah diambil dari Bumi, pencapaian fenomenal untuk Green Bank Observatory (GBO), National Radio Astronomy Observatory (NRAO), dan Raytheon Intelligence & Space yang melakukan percobaan.

"Proyek ini membuka berbagai kemampuan baru untuk NRAO dan GBO," kata Tony Beasley, direktur NRAO dan wakil presiden Radio Astronomy di Associated Universities, Inc. (Baca juga: Berapa Banyak Spesies Manusia Purba yang Pernah Hidup di Bumi)

"Kami sebelumnya pernah berpartisipasi dalam studi radar penting Tata Surya, tetapi mengubah GBT menjadi pemancar radar planet yang dapat dikendalikan akan sangat memperluas kemampuan kami untuk mengejar jalur penelitian baru yang menarik," tambahnya.

Teleskop bekerja dengan sinyal radar yang dipancarkan oleh Green Bank Telescope mengenai permukaan objek apa pun yang sedang dipelajari, dalam hal ini, lokasi pendaratan Apollo 15 di Bulan.

Mereka kemudian memantulkan kembali dan diamati oleh teleskop yang merupakan bagian dari Very Long Baseline Array, jaringan yang menyebar dari Kepulauan Virgin AS ke benua Amerika Serikat, dan sampai ke Hawaii. (Baca juga: Topeng Suku Maya Ukuran Raksasa Ditemukan di Meksiko)

Tes luar biasa adalah pencapaian upaya dua tahun untuk membuat radar seperti itu. Peneliti melihat pemancar arus sebagai batu loncatan dalam merancang sesuatu yang bisa digunakan untuk mempelajari Bulan .

"Sistem yang direncanakan akan menjadi lompatan ke depan dalam ilmu radar, memungkinkan akses ke fitur Tata Surya yang belum pernah dilihat sebelumnya dari sini di Bumi," jelas Karen O’Neil, direktur situs GBO.

Pemancar baru ini diharapkan mampu menangkap dan memberikan pengamatan rinci tentang benda-benda kecil yang lewat di dekat Bumi serta bulan atau planet lain di Tata Surya. Jika rencana akhir membuahkan hasil, sinyal radar dapat memungkinkan kita untuk mempelajari objek sejauh orbit Neptunus dari Bumi.