Kado Lebaran, Rover Milik Uni Emirat Arab akan Sampai di Bulan pada 25 April 2023

Kamis, 20 April 2023 - 17:04 WIB
loading...
Kado Lebaran, Rover Milik Uni Emirat Arab akan Sampai di Bulan pada 25 April 2023
Rashid merupakan rover bulan yang dibuat oleh tim insinyur dari Uni Emirat Arab. Foto/The National News
A A A
JAKARTA - Kendaraan khusus di bulan ( Rover ) milik Uni Emirat Arab, Rashid akan sampai di bulan pada 25 April 2023. Peristiwa itu jadi kado Lebaran yang istimewa.

Saat ini Rashid memang masih diangkut oleh pesawat luar angkasa milik Jepang, Hakuto-R Mission 1. Menurut The National News sejak 21 Maret 2023 pesawat luar angkasa itu tengah melakukan persiapan mendarat di bulan.

Jika berhasil mendarat di bulan dengan sempurna maka Hakuto-R Mission 1 akan langsung mengeluarkan Rashid untuk menjelajahi bulan.

" Uni Emirat Arab akan jadi negara Arab pertama yang berhasil mendaratkan rover di permukaan bulan," tulis The National News.



Kado Lebaran, Rover Milik Uni Emirat Arab akan Sampai di Bulan pada 25 April 2023


Lokasi pendaratan direncanakan berada di kawah Atlas di wilayah Mare Frigoris di sisi dekat bulan menghadap bumi. Para ilmuwan menganggap daerah itu sangat menarik karena berupa dataran terang tersebar di seluruh wilayah.

Rashid nantinya akan mengambil beberapa sampel di wilayah tersebut. Sampel itu akan membantu para ilmuwan mempelajari lebih lanjut tentang sejarah geologis bulan.



Takeshi Hakamada, COO dari operator pengiriman pesawat luar angkasa itu, Ispace mengatakan capaian tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa. Dia mengatakan keberhasilan itu akan jadi langkah yang bagus unutk misi eksplorasi komersial bulan.

"Panggungnya telah ditetapkan. Saya menantikan untuk menyaksikan hari bersejarah ini, menandai dimulainya era baru misi bulan komersial," ujarnya.

Diketahi Rashid Rover merupakan karya asli dari insinyur di Uni Emirat Arab. Sebanyak 10 orang dari Mohammed bin Rashid Space Centre bekerja sama membuat rover tersebut.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)