Pohon Tertua di Dunia Ini Disebut Bisa Prediksi Keadaan Dunia

Minggu, 23 April 2023 - 10:25 WIB
loading...
Pohon Tertua di Dunia Ini Disebut Bisa Prediksi Keadaan Dunia
Pohon Tertua di Dunia yang berada di Chile. FOTO/ AFP
A A A
LIMA - Sebuah pohon tua raksasa di hutan di bagian selatan Chili , yang telah bertahan selama ribuan tahun dan sedang dalam proses untuk dikukuhkan sebagai pohon tertua di dunia.


Dikenal sebagai 'Kakek Buyut', pohon itu berdiameter 4 meter dan tinggi 28 meter. Pohon itu diyakini berisi informasi ilmiah yang dapat menjelaskan bagaimana planet bumi beradaptasi dengan perubahan iklim.

Dipercaya berumur lebih dari 5.000 tahun, pohon ini menjadi kandidat kuat pohon tertua di Bumi untuk menggantikan pohon Methuselah, pohon pinus Great Basin berusia 4.850 tahun yang ditemukan di California, Amerika Serikat.

“Pohon ini adalah penyintas, tiada pohon lain yang punya kesempatan untuk hidup begitu lama,” kata Antonio Lara, seorang peneliti di Universitas Austral dan Pusat Pertahanan dan Ilmu Iklim Chili, yang juga bagian dari tim yang mengukur usia pohon tersebut.

Pohon ‘Kakek Buyut’ berada di tepi jurang di sebuah hutan di wilayah selatan Los Rios, sekitar 800 kilometer di selatan Santiago, Ibu Kota Chili.

Pohon ini termasuk spesies tumbuhan Fitzroya cupressoides, sebuah jenis pohon cemara yang menjadi endemik di bagian selatan benua Amerika Latin.

Selama beberapa tahun terakhir, para wisatawan berjalan kaki sekitar satu jam melalui hutan ke tempat pohon itu berada untuk berfoto bersama “pohon tertua di dunia.”

Pohon yang juga dikenal sebagai cemara Patagonia ini, adalah spesies pohon terbesar di Amerika Selatan.

Selama berabad-abad, batang pohon ini telah digunakan untuk membuat rumah dan kapal, dan kayunya ditebang besar-besaran selama abad ke-19 dan abad ke-20.

Penjaga hutan Anibal Henriquez menemukan pohon ini saat berpatroli di hutan tersebut pada 1972. Henriquez meninggal 16 tahun kemudian, saat dia berpatroli di hutan yang sama sambil menunggang kuda.

Pada 2020, Barichivich dan Lara berhasil mengambil sampel dari Kakek Buyut menggunakan bor manual terpanjang yang pernah ada, tetapi mereka tak berhasil mencapai pusat batangnya.

Mereka memperkirakan bahwa sampel itu berumur 2.400 tahun dan digunakan sebagai prediksi untuk menghitung usia sebenarnya dari pohon tersebut.

Studi tersebut telah menggembirakan kalangan komunitas keilmuan mengingat bahwa dendrokronologi, atau metode penanggalan lingkaran pohon saat mereka terbentuk, kurang akurat dalam kaitannya dengan pohon yang lebih tua. Pasalnya, banyak pohon tua punya inti yang telah busuk.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2292 seconds (0.1#10.140)