10 Pohon Tertua di Dunia, Nomor 5 Dikeramatkan

Senin, 20 Juni 2022 - 15:09 WIB
loading...
10 Pohon Tertua di Dunia, Nomor 5 Dikeramatkan
Sejumlah pohon tertua di dunia telah menjadi saksi sejarah, bertahan dari perubahan iklim dan perkembangan manusia. Foto/Wikicommons/Treehugger
A A A
JAKARTA - Sejumlah pohon tertua di dunia telah menjadi saksi sejarah, bertahan dari perubahan iklim dan perkembangan manusia. Ada koloni pohon berkelompok hidup selama puluhan ribu tahun, tetapi ada sesuatu yang megah yang mampu berdiri sendiri selama ribuan tahun .

Pohon-pohon kuno ini telah menjadi saksi kebangkitan dan kejatuhan peradaban, bertahan dari perubahan iklim, dan bahkan bertahan melalui perkembangan industri manusia yang kuat. Berikut daftar 10 pohon tertua yang dirangkum SINDOnews dari laman treehugger, Senin (20/6/2022).

1. Pohon Metusalah
10 Pohon Tertua di Dunia, Nomor 5 Dikeramatkan


Sampai tahun 2013, phon Methuselah, pinus bristlecone kuno adalah organisme non-klonal tertua yang ada di Bumi. Pohon Methuselah masih berdiri hingga 2016 pada usia tua 4.848 di White Mountains of California, di Inyo National Forest.

Pohon pinus bristlecone lainnya di daerah itu ditemukan berusia lebih dari 5.000 tahun. Lokasi persis pohon Methuselah tidak disebutkan atau dirahasiakan untuk melindungi mereka.



2. Pohon Sarv-e Abarqu
10 Pohon Tertua di Dunia, Nomor 5 Dikeramatkan


Pohon Sarv-e Abarqu, juga disebut "Zoroaster Sarv," adalah pohon cemara di provinsi Yazd, Iran. Pohon itu diperkirakan berusia setidaknya 4.000 tahun.

Setelah hidup melalui awal peradaban manusia tidak jauh, itu dianggap sebagai monumen nasional Iran. Banyak yang mencatat bahwa Sarv-e Abarqu kemungkinan besar adalah makhluk hidup tertua di Asia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4147 seconds (0.1#10.140)