Spesifikasi RBS 70 MANPADS, Sistem Pertahanan Udara Swedia untuk Ukraina

Senin, 24 April 2023 - 14:27 WIB
loading...
Spesifikasi RBS 70 MANPADS, Sistem Pertahanan Udara Swedia untuk Ukraina
Robotsystem 70 atau RBS 70 adalah sistem pertahanan udara portabel manusia (man-portable air-defense system/MANPADS) buatan Swedia. Foto/Army Technology
A A A
STOCKHOLM - Robotsystem 70 atau RBS 70 adalah sistem pertahanan udara portabel manusia (man-portable air-defense system/MANPADS). RBS 70 merupakan Sistem Pertahanan Udara Berbasis Darat (Ground-Based Air Defence/GBAD) yang dirancang dan diproduksi oleh perusahaan pertahanan Swedia , Bofors Defense (sekarang Saab Bofors Dynamics).

RBS 70 dirancang untuk peperangan anti-pesawat di semua zona iklim dan dengan sedikit atau tanpa dukungan dari pasukan lain. Terutama digunakan oleh pasukan infanteri dan terjun payung, untuk menghadapi serangan pesawat dan helikopter musuh.

RBS 70 dikembangkan untuk pertahanan udara Swedia dengan sistem rudal permukaan ke udara (Surface-to-Air Missile/SAM) jarak pendek yang murah, mudah digunakan, dan efektif. Keunikan RBS 70 adalah senjata pertama dari jenis ini yang menggunakan panduan sinar laser, karena biasanya sistem MANPADS menggunakan panduan homing inframerah.



“Dengan panduan laser yang tidak dapat dijamah, RBS 70 beda dari sistem senjata lainnya. Sistem canggih ini memberikan solusi yang sangat fleksibel,” demikian keterangan saab melalui laman resminya yang dikutip SINDOnews, Senin (24/4/2023).

Pengembangan RBS 70 dimulai pada tahun 1967, sebagai tanggapan atas kebutuhan militer Swedia akan senjata MANPADS yang dapat digunakan dalam kondisi cuaca kutub yang ekstrem dan logistik minimal. Sekarang Swedia berencana memberikan bantuan senjata ini kepada Ukraina dalam perang melawan Rusia.

RBS 70 dilengkapi dengan pembidik Generasi Baru (New Generation/NG) sehingga meningkatkan akurasi dan kemampuan rudal Bolide. Pembidik generasi baru ini mampu mengurangi kebisingan pelacakan melalui penerapan fungsi pelacak otomatis.
Spesifikasi RBS 70 MANPADS, Sistem Pertahanan Udara Swedia untuk Ukraina


RBS 70 dasar terdiri dari rudal dalam wadah peluncuran, tempat penembakan tripod dan pemandangan optik, berbobot 87 kg. Rudal RBS 70 memiliki panjang 132 cm tanpa booster, diameter 10,6 cm, fin span 32 cm, dan berat 15 kg.



Hulu ledak rudal seberat 1,1 kg dikombinasikan dengan 3.000 bola tungsten dan muatan berbentuk. Sistem RBS 70 dapat dioperasikan secara portabel oleh satu orang atau tiga orang. Rudal dapat dioperasikan dalam mode mandiri atau dikonfigurasi dengan beberapa unit tembak yang dihubungkan dengan radar pengawasan untuk membentuk baterai anti-pesawat.

Dikutip dari laman army recognition, RB 70 menggunakan rudal Mk 0 berbobor 15 kg dengan model dua tahap, terdiri dari propelan padat dan bertenaga motor roket. Rudal ini tidak pernah dikeluarkan dari tabung peluncur saat berada di lapangan, setelah ditembakkan tabung tersebut langsung dibuang.

Sekering tumbukan dan kedekatan laser aktif dipasang pada hulu ledak pra-terfragmentasi berbentuk daya ledak tinggi atau high explosive (HE). Biasanya dikelilingi oleh sekitar 2.000 hingga 3.000 pelet tungsten masing-masing dengan diameter optimal 3 mm.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)