Alien Harus Tembus 27 Tahun Cahaya untuk Kontak ke Bumi, Sejumlah Ilmuwan Ragu Akan Berhasil

Kamis, 27 April 2023 - 16:19 WIB
loading...
A A A
Dia menjelaskan bahwa transmisi radio kita hanya mencapai sepersejuta volume Bima Sakti. “Transmisi kami (Bumi) kecil dan jarang, tidak mungkin menghasilkan deteksi oleh makhluk luar angkasa,” kata Jean-Luc Margot.
Alien Harus Tembus 27 Tahun Cahaya untuk Kontak ke Bumi, Sejumlah Ilmuwan Ragu Akan Berhasil


Diberitakan sebelumnya, para peneliti berharap sinyal yang dikirmkan dari Bumi ini ditangkap oleh makhluk luar angkasa yang mengembalikan panggilan balik. Howard Isaacson, seorang astronom dan rekan penulis Universitas California, Berkeley, mengakui bahwa cara ini mengikuti ide terkenal dari Carl Sagan, yang menggunakannya sebagai tema plot dalam film Contact.

Film Contact tahun 1997, berdasarkan cerita dari Carl Sagan, bercerita tentang seorang ilmuwan SETI yang menemukan bukti adanya alien di planet yang jauh 26 tahun cahaya dari Bumi dan memilih untuk melakukan kontak pertama dengan mengirimkan sinyal gelombang radio.

Studi ini menggunakan sinyal yang dikirim dari Bumi ke Voyager 1, Voyager 2, Pioneer 10, Pioneer 11 dan New Horizons, memetakan di mana sinyal mungkin menyebar saat dikirim ke alam semesta. Pesawat ruang angkasa ini telah berkomunikasi dengan antena radio Deep Station Network (DSN) untuk mengunduh data ilmiah dan data telemetri.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3650 seconds (0.1#10.140)