Spesifikasi TB-001, Drone Tempur China Berjuluk Twin-Tailed Scorpion yang Menggemparkan

Rabu, 03 Mei 2023 - 11:40 WIB
loading...
Spesifikasi TB-001, Drone Tempur China Berjuluk Twin-Tailed Scorpion yang Menggemparkan
TB-001 Scorpio merupakan salah satu drone tempur China yang memiliki kemampuan mengerikan. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - TB-001 Scorpio merupakan salah satu drone tempur China yang memiliki kemampuan mengerikan. Dengan sederet kecanggihannya, drone tersebut turut mendukung daya tempur militer Beijing.

Beberapa waktu lalu, Kementerian Pertahanan Taiwan menyebut bahwa China menerbangkan puluhan jet tempur dan pesawat militer lain di dekat Taiwan. Dari sekian jenisnya, salah satunya adalah drone canggih TB-001 Scorpion.


Spesifikasi Drone Tempur China TB-001 Scorpion

TB-001 merupakan drone Medium Altitude Long-Endurance (MALE) yang dimiliki China. Pada pengoperasianya, drone ini memiliki julukan ‘Twin-Tailed Scorpion’.

Dalam riwayatnya, Beijing pertama kali meluncurkan TB-001 pada September 2017. Sementara itu, untuk penggunaannya oleh Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) telah berlangsung sejak 2021 lalu.

Pada perancangannya, drone China ini dikembangkan oleh Tengoen Technology yang berbasis di Sichuan. Ditenagai dua mesin konvensional, TB-001 diperkirakan memiliki jangkauan antara 6.000 hingga 8.000 kilometer.

Kemudian, drone tersebut mempunyai berat lepas landas maksimum (MTOW) lebih dari 3.000 kg serta ketinggian layanan mencapai 32.808 kaki. Sedangkan untuk waktu penerbangan maksimum yang bisa dicapainya adalah 35 jam lamanya.

Selain itu, TB-001 juga memiliki desain yang cukup menarik. Pengembang menyematkan konfigurasi tiga baling-baling yang diposisikan secara tidak biasa.

Dalam hal ini, ketiganya terdiri atas satu baling-baling di setiap sayap. Sementara satu lainnya disematkan pada ujung badan pesawat utama sebagai pendorong.

Tak hanya itu, berbekal sistem pelacakan elektro-optik (EOTS), drone tempur China ini sangat efektif untuk ditugaskan sebagai penghancur target darat dan bertindak sebagai ‘Bomb Truck’.



Beralih ke persenjataan, TB-001 dirancang sebagai drone pembawa muatan yang dapat membawa banyak senjata. Sebagai contoh, mereka bisa dibekali rudal udara-darat AR-2 untuk menghancurkan target darat musuh.

Sementara itu, untuk target lapis baja bisa menggunakan AR-4 yang diklaim lebih unggul dari rudal Hellfire milik Amerika Serikat. Rudal ini dapat diluncurkan dari ketinggian 7.000 meter serta memiliki jangkauan hingga 20 kilometer.

Spesifikasi Drone Tempur China TB-001

-Produsen : China (Tengoen Technology)
-Jenis : Kendaraan Udara Tak Berawak (UAV)
-Panjang : 10 m
-Lebar Sayap : 20 m
-Tinggi : 3,1 m
-Jangkauan : 6.000 - 8.000 km
-Daya Tahan : 35 Jam
-Senjata : -Rudal AR-2
-Rudal AR-4
-Dan Lainnya
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1983 seconds (0.1#10.140)