Obat Baru Inhibitor SGLT2 Bantu Kurangi Angka Laporan Temuan IDF

Selasa, 25 April 2023 - 02:49 WIB
loading...
Obat Baru Inhibitor SGLT2 Bantu Kurangi Angka Laporan Temuan IDF
IDF mencatatkan Indonesia sebagai salah satu dari 5 negara yang memiliki prevalensi diabetes tinggi dengan 1:9 penduduknya menderita diabetes. FOTO/ NATURAL
A A A
LONDON - International Diabetes Federation (IDF) dalam “IDF Diabetes Atlas 2021” mengungkapkan sejumlah 537 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes pada tahun 2021, yang mengakibatkan 6,7 juta kematian.

BACA JUGA - Kemenperin Dorong Obat Tradisional Dikembangkan Jadi Obat Modern

Melihat jumlah pasien diabetes di seluruh dunia dan prevalensi diabetes pada penduduk Korea yang berusia 30 tahun atau lebih selama 20 tahun terakhir terus meningkat, membuat perusahaan farmasi asal Korea mempercepat pengembangan obat baru.

Dalam laporan yang sama “IDF Diabetes Atlas 2021”, IDF mencatatkan Indonesia sebagai salah satu dari 5 negara yang memiliki prevalensi diabetes tinggi dengan 1:9 penduduknya menderita diabetes.

Selain itu, World Health Organization (WHO) pada tahun 2019 mencatat bahwa diabetes menempati urutan ketiga sebagai penyakit kronis penyebab kematian di Indonesia.

Berdasarkan fakta yang ada saat ini, pasar pengobatan diabetes di Indonesia juga diperkirakan akan
berkembang secara bertahap di masa mendatang.

Perawatan diabetes mencatat tingkat pertumbuhan tertinggi di bidang penyakit kronis dan diperkirakan akan tumbuh di masa depan. Pada tahun 2019 World Health Organization (WHO) mencatat 10 penyakit kronis menjadi penyebab kematian teratas, menyumbang 55% dari 55,4 juta kematian di seluruh dunia.

Penyakit jantung iskemik, stroke, penyakit paru obstruktif kronik, infeksi saluran pernapasan bawah menjadi penyakit paling berbahaya yang berakibat pada kematian.

Di tingkat global, 7 dari 10 penyebab utama kematian pada tahun 2019 termasuk penyakit tidak menular, salah satunya diabetes. Diabetes telah masuk dalam 10 besar penyebab kematian, menyusul kenaikan persentase yang signifikan sebesar 70% sejak tahun 2000.

Diabetes juga bertanggung jawab atas kenaikan terbesar kematian pria di antara 10 besar, dengan peningkatan
sebesar 80% sejak tahun 2000.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2153 seconds (0.1#10.140)