Begini Proses Terjadinya Gerhana Bulan Penumbra, Rumit dan Menarik untuk Disaksikan

Jum'at, 05 Mei 2023 - 15:15 WIB
loading...
A A A
2. Terdapat Tiga Jenis Gerhana Bulan
Terdapat tiga jenis gerhana Bulan yang dapat terjadi, yaitu Gerhana Bulan Total, Gerhana Bulan Sebagian, dan Gerhana Bulan Penumbra. Gerhana Bulan Total terjadi ketika Bulan sepenuhnya masuk ke dalam bayangan Bumi. Gerhana Bulan Sebagian terjadi ketika Bulan hanya sebagian masuk ke dalam bayangan Bumi. Sementara itu, Gerhana Bulan Penumbra terjadi ketika Bulan memasuki bayangan penumbra Bumi.

3. Bayangan Penumbra dan Bayangan Umbra
Bayangan Bumi terdiri dari dua bagian, yaitu bayangan penumbra dan bayangan umbra. Bayangan penumbra adalah area bayangan di mana Bumi menutupi sebagian kecil Matahari, sehingga cahaya matahari yang mencapai Bulan terhalang sebagian. Sementara itu, bayangan umbra adalah area bayangan di mana Bumi menutupi seluruh Matahari, sehingga tidak ada cahaya Matahari yang mencapai Bulan.

4. Dapat Diamati Tanpa Alat Bantu
Berbeda dengan Gerhana Bulan Total atau Gerhana Bulan Sebagian, Gerhana Bulan Penumbra dapat diamati tanpa alat bantu. Namun, jika Anda ingin melihat detail lebih jelas, disarankan untuk menggunakan teleskop atau binokular.



Tak hanya menarik untuk diamati, gerhana bulan penumbra juga menjadi fenomena alam yang menarik untuk dipelajari. Dengan memahami proses terjadinya gerhana bulan penumbra, kita dapat lebih memahami bagaimana alam semesta bekerja dan berkembang seiring waktu.
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2342 seconds (0.1#10.140)