7 Fakta Gerhana Bulan Penumbra, Nomor Terakhir Punya Warna Menarik

Kamis, 04 Mei 2023 - 17:46 WIB
loading...
7 Fakta Gerhana Bulan Penumbra, Nomor Terakhir Punya Warna Menarik
Gerhana bulan penumbra terjadi ketika matahari, bumi, dan bulan berada pada garis lurus dengan. Namun, bulan berada pada zona penumbra, yang adalah wilayah yang tidak sepenuhnya gelap. Foto/weather
A A A
JAKARTA - Gerhana bulan penumbra terjadi ketika matahari, bumi, dan bulan berada pada garis lurus dengan. Namun, bulan berada pada zona penumbra, yang adalah wilayah yang tidak sepenuhnya gelap.

Selama gerhana bulan penumbra, bulan tampak sedikit lebih redup daripada biasanya, tetapi tidak sepenuhnya redup seperti dalam gerhana bulan total. Berikut 7 fakta menarik tentang gerhana bulan penumbra:

1. Bulan Berada di Area Penumbra

Gerhana bulan penumbra terjadi ketika bulan melintas di antara matahari dan bumi, tetapi hanya melintasi bagian penumbra bayangan bumi. Penumbra adalah area di mana hanya sebagian bayangan bumi menutupi bulan, sehingga cahaya matahari masih bisa mengenai bulan.



2. Penampakan yang Samar

Gerhana bulan penumbra tidak selalu terlihat. Terkadang gerhana terjadi saat bulan sudah terbenam atau belum terbit di lokasi pengamat, atau karena cuaca buruk atau kabut.

3. Tidak Berbahaya

Gerhana bulan penumbra tidak berbahaya untuk diamati. Tidak seperti gerhana matahari, tidak perlu khawatir tentang cahaya matahari yang terlalu terang. Anda dapat melihatnya dengan mata telanjang tanpa memerlukan perlindungan khusus.

4. Terjadi Dua Kali

Gerhana bulan penumbra bisa terjadi lebih sering daripada gerhana bulan total atau gerhana matahari. Ada setidaknya dua gerhana bulan penumbra setiap tahun, sedangkan gerhana bulan total hanya terjadi sekitar setahun sekali.

5. Pengaruhi Permukaan Laut

Gerhana bulan penumbra dapat memengaruhi ketinggian permukaan laut. Gerhana bulan penumbra sering dikaitkan dengan pasang surut laut yang lebih tinggi dari biasanya. Fenomena ini disebabkan oleh tarikan gravitasi bulan dan matahari pada air laut.



6. Diamati di Seluruh Dunia

Gerhana bulan penumbra dapat diamati di hampir semua bagian dunia. Selama gerhana terjadi di malam hari dan langit cerah, maka gerhana bulan penumbra dapat diamati dari hampir semua lokasi di dunia.

7. Warna Indah

Gerhana bulan penumbra dapat memberikan pengalaman yang menakjubkan. Saat bulan bergerak melalui bayangan bumi, bulan dapat berubah warna menjadi merah kecoklatan, menciptakan pemandangan yang indah dan mempesona.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5157 seconds (0.1#10.140)