Eugene Shoemaker, Orang Pertama yang Dimakamkan di Bulan

Senin, 08 Mei 2023 - 16:39 WIB
Eugene Shoemaker, Orang Pertama yang Dimakamkan di Bulan
Eugene Shoemaker. Foto: Istimewa
JAKARTA - Eugene Shoemaker, disebut-sebut sebagai orang pertama yang dikubur di bulan. Cerita ahli geologi planet ini menuai banyak ingin tahu masyarakat. Benarkah ada orang dimakamkan di bulan?

Dilansir dari Physics Astronomy, Eugene Shoemaker adalah pelopor di bidang geologi planet. Banyak penelitiannya yang berdampak pada pemahaman tentang tata surya.

"Dia ikut mendirikan Cabang Astrogeologi Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) dan memainkan peran penting dalam pelatihan astronot Apollo," tulis laman itu, dikutip Senin (8/5/2023).

Karyanya yang cukup mempengaruhi pengembangan penelitian saat ini adalah identifikasi kawah dampak lunar dan darat di bulan. Sayangnya, Shoemaker tidak dapat memenuhi impian seumur hidupnya untuk mengunjungi bulan.

"Kondisi medis mendiskualifikasi dia dari Korps Astronot. Namun, hasratnya untuk eksplorasi bulan tidak pernah berkurang, dan karyanya terus memengaruhi bidang geologi planet sampai kematiannya, pada 1997," jelasnya.

Pada tahun 1998, NASA meluncurkan pesawat ruang angkasa Lunar Prospector untuk mengorbit di bulan dan mempelajari komposisinya, seperti medan magnet, dan kekuatan gravitasi.

Misi ini bertujuan untuk memberikan data penting yang akan membantu para ilmuwan untuk lebih memahami pembentukan dan evolusi bulan, serta mengidentifikasi sumber daya bulan untuk eksplorasi di masa depan.

"Prospector bulan membawa paket instrumen yang inovatif, termasuk spektrometer gamma-ray, magnetometer, dan reflektometer elektron," sambungnya.