Intip Perbandingan Jet Tempur Dassault Rafale dan Su-30MKI, Mana yang Lebih Andal?

Selasa, 09 Mei 2023 - 11:54 WIB
loading...
Intip Perbandingan Jet Tempur Dassault Rafale dan Su-30MKI, Mana yang Lebih Andal?
Terdapat cukup banyak jet tempur canggih telah banyak dikembangkan di dunia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat cukup banyak jet tempur canggih telah banyak dikembangkan di dunia . Dari sekian banyak, beberapa contohnya adalah Dassault Rafale dan Su-30MKI.

Pada riwayat pengembangan dan penggunaannya, kedua jet tempur ini telah teruji kualitasnya. Para negara penggunanya pun merasa cukup puas terhadap kinerja yang dibawakan.



Lantas, seperti apakah perbandingan jet tempur Dassault Rafale dan Su-30MKI ini? Simak ulasannya!

Perbandingan Jet Tempur Rafale dan Su-30MKI

1. Rafale

Rafale merupakan pesawat tempur twin-jet hasil produksi Dassault Aviation. Jet tempur ini dirancang untuk melakukan berbagai misi jarak pendek hingga jarak jauh.

Mengutip laman Airforce Technology, Senin (9/5/2023), Rafale dikembangkan untuk Angkatan Laut dan Angkatan Udara Prancis. Namun, pada perkembangannya juga telah digunakan oleh negara-negara lain termasuk India.

Rafale ditenagai dua mesin M88-2 dari SNECMA. Pada aspek persenjataan, mereka mampu membawa muatan lebih dari 9 ton.

Sejumlah senjata yang bisa dibawa di antaranya adalah rudal udara Mica, Magic, Sidewinder, kemudian rudal darat PGM100, hingga rudal anti-kapal seperti Exocet, Penguin 3 dan Harpoon.

Sementara itu, untuk misi strategis Rafale juga bisa membawa rudal nuklir ASMP MBDA. Seiring waktu, pengembangan jet tempur ini terus dilakukan, termasuk di antaranya adalah melakukan upgrade pada sektor senjatanya.


2. Su-30MKI

Sukhoi Su-30MKI merupakan pesawat tempur yang dikembangkan oleh kolaborasi Sukhoi Design Bureau dan Hindustan Aeronautics Limited (HAL). Adapun tujuan pembuatannya sendiri adalah untuk Angkatan Udara India (IAF).

Su-30MKI mulai dirancang pada 1995. Setelah membuat sejumlah prototipe antara 1995-1998, produksi dimulai di pabrik Irkutsk pada tahun 2000.

Pada dapur pacunuya, Su-30MKI membawa dua mesin turbojet AI-31FP. Komponen tersebut membuatnya mampu melesat dengan kecepatan maksimum Mach 1,9 dalam penerbangan horizontal dan tingkat pendakian 300 meter per detik.

Beralih ke persenjataan, Su-30MKI dipersenjatai meriam 30mm Gsh-30-1 dengan 150 butir amunisi. Selain itu, jet tempur ini memiliki 12 cantelan yang mampu membawa muatan hingga 8 ton.

Su-30MKI bisa membawa berbagai rudal udara-ke-permukaan, seperti Kh-29L/T/TYe, Kh-31A/P, Kh-59M dan Nirbhay. Kemudian, mereka juga bisa melengkapinya dengan rudal jelajah supersonik BrahMos yang bisa menjangkau target dalam jarak 290 km.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)