Spesifikasi Jet Tempur Prancis Mirage 2000C yang Ditawarkan Prancis ke Ukraina

Senin, 20 Februari 2023 - 17:53 WIB
loading...
Spesifikasi Jet Tempur Prancis Mirage 2000C yang Ditawarkan Prancis ke Ukraina
Ukraina merupakan negara yang tengah berperang dengan Rusia sejak Februari 2022 lalu. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Ukraina merupakan negara yang tengah berperang dengan Rusia sejak Februari 2022 lalu. Dalam perkembanganya, Ukraina terus meminta bantuan persenjataan, artileri, hingga mendapatkan tawaran jet tempur veteran dari Prancis.

Dilansir dari The Drive, Thomas Gassilloud, ketua Komite Pertahanan Nasional dan Angkatan Bersenjata Majelis Nasional, mengatakan bahwa pemerintah Prancis setuju untuk memasok jet tempur yang diinginkan Ukraina.

Jet tempur ini adalah Mirage 2000C yang telah beroperasi di Paris sejak tahun 1983 silam. Meski tergolong tua, namun pesawat ini diharapkan dapat membantu armada angkatan udara Ukraina kedepannya.

Baca juga : Mengenal Spesifikasi Jet Tempur Dassault Rafale Buatan Perancis

Pesawat multi peran yang dibuat oleh Dassault Aviation ini telah dikirim ke berbagai negara seperti Mesir, UEA, Yunani, India, Peru, hingga Qatar.

Mirage 2000C yang memiliki satu tempat duduk ini sempat jadi kebanggaan warga Prancis, karena tercatat sebagai pesawat tempur terkuat di Eropa.

Pesawat Tempur sayap delta ini memiliki kecepatan maksimal 2.351 km/jam, dan mampu melaju di ketinggian mencapai 16.000 meter.

Burung besi seberat 13 ton ini dibekali dengan sembilan hard point untuk membawa sistem senjata, lima berada di bawah dan dua di masing masing sayap.

Senjata yang kerap digunakan diantaranya rudal tempur MICA multitarget, dan rudal tempur Magic 2. Pesawat ini dapat membawa empat rudal MICA, dua rudal Magic, dan tiga tank drop secara bersamaan.

Pesawat Prancis ini seangkatan dengan F-16 dari AS dan MiG-29 dari Uni Soviet. Sayangnya Mirage 2000C tidak mengikuti jejak pesaingnya yang terus melakukan modernisasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1882 seconds (0.1#10.140)