Hiu Hantu dari Australia, Bermata Putih dengan Bentuk Tubuh Aneh

Rabu, 10 Mei 2023 - 07:16 WIB
loading...
Hiu Hantu dari Australia, Bermata Putih dengan Bentuk Tubuh Aneh
Spesies baru hiu laut yang memiliki mata putih dan bentuk yang aneh ditemukan di lepas pantai Australia Barat. Foto/Live Science/Journal of Fish Biology
A A A
MELBOURNE - Spesies baru hiu laut yang memiliki mata putih dan bentuk yang aneh ditemukan di lepas pantai Australia Barat. Para peneliti menyebut spesies ini sebagai hiu Apristurus ovicorrugatus atau lebih dikenal dengan nama hiu iblis atau hiu hantu.

Spesies yang baru ditemukan ini dideskripsikan dalam studi baru yang diterbitkan 23 April di Journal of Fish Biology. Spesies hiu Apristurus ovicorrugatus, yang berasal dari bahasa Latin untuk telur, "ovi" dan "corrugatus", artinya bergelombang.

Ini mengacu pada penemuan kasus telur bergelombang yang mengarah pada spesies hiu aneh tersebut. Selain memiliki bentuk telur yang unik, Apristurus ovicorrugatus juga memiliki iris mata putih mengkilap yang tidak biasa.



“Ini bukan fitur umum untuk spesies laut dalam. Hanya ada satu spesies yang serupa, yaitu Apristurus nakayai dari Kaledonia Baru dan Papua Nugini, memiliki karakter yang sama,” kata Will White, seorang ichthyologist dari Commonwealth Organisasi Riset Ilmiah dan Industri (CSIRO), kepada Live Science, Rabu (10/5/2023).

Apristurus adalah genus hiu kucing. Mereka umumnya dikenal sebagai hiu kucing hantu atau setan. Ini adalah salah satu genera hiu paling beragam di dunia, dengan sekitar 40 spesies yang diketahui.

Sementara sebagian besar spesies hiu melahirkan anak, sisanya ovipar, artinya mereka bertelur. Bentuk telurnya kotak yang dikenal sebagai dompet putri duyung, sering kali memiliki sulur panjang yang memungkinkannya menempel pada rumput laut atau batu.

Pada tahun 2011, para peneliti menemukan kasus telur yang sangat aneh yang berisi embrio hiu. Jelas hiu itu milik genus Apristurus, tetapi kotak telurnya tidak cocok dengan spesies yang diketahui. Selama lebih dari satu dekade, kasus telur tetap menjadi misteri, sampai para ilmuwan menemukan dua lagi di Koleksi Ikan Nasional Australia, yang berada di bawah payung CSIRO.



“Cangkang telur memiliki bubungan membujur yang sangat khas pada permukaannya yang berbentuk T pada penampang. Hanya satu spesies lain di dunia yang ditemukan memiliki kotak telur dengan bentuk bubungan seperti itu dan itu adalah genus yang sama sekali berbeda," kata White.
Hiu Hantu dari Australia, Bermata Putih dengan Bentuk Tubuh Aneh


White dan rekan-rekannya kemudian menelusuri database koleksi mereka untuk melihat apakah ada spesimen Apristurus tak dikenal lainnya yang telah ditemukan di wilayah kecil tempat pengumpulan telur. Mereka akhirnya menemukan betina hamil: hiu sepanjang 46,7 cm yang salah diidentifikasi sebagai hiu kucing Cina Selatan (Apristurus sinensis).

Betina membawa satu telur dan itu cocok dengan yang mereka temukan satu dekade lalu. "Untungnya spesimen betina yang kami temukan mengandung telur bergerigi identik dan mengkonfirmasi kecurigaan kami," kata White.

Para peneliti mengatakan penemuan A. ovicorrugatus menyoroti pentingnya bentuk kotak telur untuk mengidentifikasi spesies. Di Australia, kasus telur Apristurus ovicorrugatus ditemukan menempel pada karang, menunjukkan bahwa spesies tersebut mungkin bergantung pada organisme ini untuk bereproduksi.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2119 seconds (0.1#10.140)