Asteroid Sebesar Apartemen akan Menabrak Bumi, Bisa Menyebabkan Kepunahan Massal

Rabu, 10 Mei 2023 - 21:22 WIB
Ilustrasi asteroid akan menabrak bumi. Foto: Istimewa
JAKARTA - Asteroid HG1 sebesar apartemen akan menabrak bumi. Peringatan ini disampaikan oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA).

Dilansir dari DNA India, asteroid ini terbang menuju bumi dengan kecepatan yang luar biasa dan dapat menyebabkan kerusakan serius, jika terjadi kontak dengan Bumi.

"Asteroid 2023 HG1 tingginya sekitar 60 kaki dan berlomba menuju Bumi dengan kecepatan 7200 kmph (2 kilometer per detik)," tulis laman itu, dikutip Rabu (10/5/2023).

Dilanjutkan laman itu, jika asteroid ukuran ini menghantam bumi, maka dapat menyebabkan hilangnya nyawa besar-besaran, dan bahkan kepunahan massal manusia, serta spesies hewan.

Asteroid 2023 HG1 adalah bagian dari kelompok Apollo dari benda dekat-bumi, yang sebagian besar termasuk asteroid besar dan batu yang mengambang di luar angkasa.

Asteroid mengorbit matahari setiap 402 hari, mencapai jarak maksimum 173 juta kilometer, dan mendekati sedekat 145 juta kilometer. Asteroid lain dari kelompok yang sama, yakni HT6, juga diperkirakan akan melewati Bumi.