Amerika Serikat Kembalikan 2 Artefak Kuno Hasil Curian ke China

Kamis, 11 Mei 2023 - 06:23 WIB
loading...
Amerika Serikat Kembalikan 2 Artefak Kuno Hasil Curian ke China
Amerika Serikat kembalikan artefak hasil curian kepada China, langkah ini merupakan tindakan AS kepada penyelundupan benda cagar budaya. FOTO/ AFP
A A A
NEW YORK - Amerika Serikat (AS) mengembalikan dua barang antik bersejarah yang dirampasnya dari China. Pengembalian ini adalah gelombang repatriasi artefak yang dicuri dari lebih dari 12 negara.



Jaksa Distrik Manhattan Alvin Bragg mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dua pahatan batu abad ke-7 senilai lebih dari USD3,5 juta dicuri dari sebuah makam pada awal 1990-an sebelum diselundupkan keluar dari China.

Ukiran itu termasuk di antara 89 barang antik dari 10 negara berbeda yang dibeli oleh seorang kolektor seni swasta New York, Shelby White.

Sejak tahun 1998, barang-barang antik tersebut dipinjamkan ke Museum Seni Metropolitan sebelum disita tahun ini oleh Kantor Kejaksaan setelah penyelidikan kriminal

"Sayang sekali dua barang antik yang luar biasa ini dicuri dan setidaknya satu tetap tersembunyi dari pandangan publik selama hampir tiga dekade,''

“Meskipun total nilainya melebihi USD3 juta, detail dan keindahan yang luar biasa dari karya ini benar-benar tak ternilai harganya,” kata Bragg seperti dilansir AFP.

Secara kolektif, barang antik bernilai hampir USD69 juta dan merupakan bagian dari penyelidikan kriminal oleh Unit Perdagangan Purbakala kota yang melacak dan memulangkan artefak yang dijarah.

Sebelumnya, sebuah artefak langka yang dicuri dari istana kekaisaran yang dihormati di China diambil lebih dari dua kali lipat nilai perkiraannya di lelang baru-baru ini di Inggris.

Dilaporkan dijarah di Beijing oleh seorang tentara Inggris pada tahun 1860, kapal air perunggu berusia 3.000 tahun yang berasal dari dinasti Zhou Barat.

Artefak itu disebut sebagai Tiger Ying karena dekorasi harimaunya.

Dikutip dari SCMP, Administrasi Warisan Budaya Negara China menyatakan "sangat menentang dan mengutuk dorongan Galeri Lelang Canterbury 'pada pelelangan yang diduga artefak budaya ilegal yang dibuang meskipun protes serius dari China."
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)