5 Patahan Bumi Terbesar di Indonesia, Ada yang Membentang Sepanjang 1.900 Km

Kamis, 11 Mei 2023 - 23:01 WIB
loading...
A A A

4. Patahan Kendeng

5 Patahan Bumi Terbesar di Indonesia, Ada yang Membentang Sepanjang 1.900 Km

Patahan atau Sesar Kendeng adalah zona sesar yang memanjang dari barat ke timur, dimulai dari selatan Semarang, Jawa Tengah hingga bagian barat Jawa Timur yang melintang sejauh 300 kilometer. Sesar Kendeng terbagi dalam enam segmen, yaitu Segmen Demak, Segmen Purwodadi, Segmen Cepu, Segmen Blumbang, Segmen Surabaya, dan Segmen Waru.

Dikutip dari Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia Tahun 2017, Sesar Kendeng terdiri dari kumpulan sesar-sesar naik dan lipatan-lipatan (blind faults) yang dapat diamati dari adanya anomali Bouguer di daerah ini. Sesar Kendeng di bagian barat diidentifikasi menyambung ke dalam sistem Sesar Semarang dan Sesar Baribis.

5. Patahan Opak

5 Patahan Bumi Terbesar di Indonesia, Ada yang Membentang Sepanjang 1.900 Km

Patahan atau Sesar Opak merupakan patahan aktif yang membentang di tengah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Panjang patahan ini membentang dari muara Sungai Opak di pantai Selatan hingga ke arah timur laut di kawasan candi Prambanan sekitar 40 km.



Patahan Opak ini bergerak aktif sehingga kerap kali menjadi penyebab terjadinya gempa yang mengguncang wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Patahan opak ini merupakan patahan yang dikatakan unik yang digambarkan memisahkan dataran tinggi perbukitan Wonosari (Gunung Kidul) dengan dataran rendah Yogyakarta, tanah di dataran ini tertutupi oleh endapan muda dari Gunung Merapi.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)