Patung Raksasa Hercules Bersepuh Emas Ditemukan Tersembunyi di Museum Vatikan

Minggu, 14 Mei 2023 - 12:57 WIB
loading...
Patung Raksasa Hercules Bersepuh Emas Ditemukan Tersembunyi di Museum Vatikan
Patung raksasa Hercules. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Museum Vatikan menyembunyikan patung perunggu kuno, Hercules mastai Righetti yang disepuh dengan emas. Patung itu disembunyikan di ceruk aula bundar Museum Vatikan.

Dilansir dari AP News, patung setinggi empat meter, itu telah disembunyikan lebih dari 150 tahun.

"Tetapi hanya setelah menghilangkan lapisan lilin dan bahan lain, dari restorasi abad ke-19, para ahli Vatikan memahami kemegahan patung yang sebenarnya," tulis laman itu, dikutip Minggu (14/5/2023).



Alice Baltera, pemulih Museum Vatikan mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan restorasi dan patung itu akan bisa dilihat oleh pengunjung pada Desember.

"Penyepuhan asli sangat terpelihara dengan baik, terutama untuk konsistensi dan homogenitas," ungkapnya.

Penemuan patung perunggu kolosal, pada tahun 1864, ini pun akhirnya viral. Banyak pengunjung museum yang tertarik pada keajaiban kuno pada saat itu, termasuk Paus Pius IX.

Patung itu berasal awal abad ketiga. Apalagi, pada zamannya, Hercules diperlakukan dengan penuh hormat.



Claudia Valeri, kurator Departemen Museum Vatikan dari Antiquities Yunani dan Romawi menambahkan, patung itu terkubur di kuil marmer menurut ritus Romawi.

"Hercules mastai Righetti mendapatkan keabadiannya karena telah disambar petir, itu dianggap sebagai objek suci, yang melestarikannya sampai sekitar 150 tahun yang lalu," jelasnya.

Saat ditemukan, patung itu terdapat banyak kotoran yang menumpuk pada bagian atasnya. Pembersihan kotoran ini harus dilakukan dengan sangat halus dan melelahkan.

"Satu-satunya cara adalah bekerja dengan tepat, dengan kacamata pembesar khusus, untuk menghilangkan semua enkrustasi kecil satu per satu," pungkasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)