2 Kuil Kembar Ditemukan di Kota Kuno Girsu Irak, Terkait Hercules dan Alexander Agung

Jum'at, 08 Desember 2023 - 11:34 WIB
loading...
2 Kuil Kembar Ditemukan di Kota Kuno Girsu Irak, Terkait Hercules dan Alexander Agung
Dua kuil kembar ditemukan di kota kuno Girsu, sebuah kota Sumeria yang sekarang dikenal sebagai Tello di Irak tenggara. Foto/Live Science
A A A
BAGHDAD - Dua kuil kembar ditemukan di kota kuno Girsu, sebuah kota Sumeria yang sekarang dikenal sebagai Tello di Irak tenggara. Kuil kembar yang dibangun di atas satu sama lain bergaya Helenistik terkait dengan Hercules dan Alexander Agung.

Para arkeolog dari British Museum di London yang menemukan kuil tua tersebut menjelaskan, kuil Helenistik yang berusia muda dibangun pada abad keempat SM dan terkaut ke Alexander Agung. Kuil itu berisi batu bata yang dibakar dengan tulisan Aram dan Yunani yang merujuk pada pemberi dua saudara laki-laki.

“Kemungkinan merujuk pada raja Makedonia (Alexander Agung), yang menaklukkan sebagian besar dunia selama 13 tahun pemerintahannya dari tahun 336 SM hingga 323 SM,” kata Sebastien Rey arkeolog dan kurator Mesopotamia Kuno di British Museum dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Jumat (8/12/2023).



Sisa-sisa kuil Sumeria yang lebih tua ditemukan terkubur di tempat yang sama persis dengan konstruksi yang lebih baru. Kuil itu didedikasikan untuk Dewa Yunani Hercules dan Dewa Sumeria yang setara, dewa pahlawan Ningirsu (atau Ninurta).

Fakta bahwa sebuah kuil didirikan di situs yang sama dengan tempat kuil itu berdiri 1.500 tahun sebelumnya bukanlah suatu kebetulan. Situs tersebut pasti memiliki arti penting bagi masyarakat Mesopotamia.
2 Kuil Kembar Ditemukan di Kota Kuno Girsu Irak, Terkait Hercules dan Alexander Agung


“Ini menunjukkan bahwa penduduk Babilonia pada abad keempat SM memiliki pengetahuan yang luas tentang sejarah mereka. Warisan bangsa Sumeria masih sangat hidup,” kata Rey.

Saat menjelajahi situs ganda kuil, para arkeolog menemukan drachm perak (koin Yunani kuno) yang terkubur di bawah altar atau tempat suci, serta batu bata dengan tulisan dua bersaudara. Prasasti tersebut sangat menarik karena menyebutkan nama Babilonia yang penuh teka-teki yang ditulis dalam bahasa Yunani dan Aram.



Nama 'Adadnadinakhe,' yang berarti 'Adad, pemberi saudara,' jelas dipilih sebagai gelar seremonial karena nadanya yang kuno dan konotasi simbolisnya. Semua bukti menunjukkan fakta bahwa nama itu sangat langka.'

Prasasti itu sendiri merupakan penghormatan kepada Zeus, dewa langit Yunani, yang sering dilambangkan dengan sambaran petir dan elang. Kedua simbol ini dapat ditemukan pada koin tersebut, yang dibuat di Babilonia di bawah pemerintahan Alexander Agung.

“Ini menunjukkan Hercules dalam potret muda dan tercukur bersih yang sangat mengingatkan representasi konvensional Alexander di satu sisi, dan Zeus di sisi lain," kata Rey.

Namun peneliti belum mengetahui apakah raja Makedonia benar-benar mengunjungi situs tersebut. Selain artefak, peneliti juga menemukan persembahan yang biasa diberikan setelah pertempuran, termasuk patung tentara dari tanah liat.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2768 seconds (0.1#10.140)