Manfaatkan Energi Matahari, Pulau Medang Dialiri Jaringan Listrik

Jum'at, 05 Mei 2023 - 01:16 WIB
loading...
Manfaatkan Energi Matahari, Pulau Medang Dialiri Jaringan Listrik
Panel surya bisa dipasang di tempat manapun yang ada area terbuka dan memiliki cukup paparan sinar matahari. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
LONDON - Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan salah satu sumber energi alternatif yang sangat tepat digunakan di Indonesia serta dapat mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak.



PLTS atap dimasifkan karena jenis energi terbarukan itu diyakini dapat memenuhi kebutuhan energi di masa mendatang.

Sejalan dengan hal tersebut, masyarakat yang tinggal di Pulau Medang di perairan Labuan Bajo, provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) juga mulai mendapatkan akses lebih besar atas aliran listrik serta penerangan.

Karena pemanfaatan energi surya belum banyak belum dipahami oleh masyarakat maka sosialisasi ke seluruh warga pulau Medang dilakukan oleh pihak gereja yang dikoordinisasikan oleh Romo Beny Jaya selaku pastor Kategorial di Labuan Bajo.

Pendekatan tidak hanya dilakukan di dusun Batu Tiga, dusun tunggal di pulau Medang, tetapi juga menjangkau ke sejumlah dusun lain seperti dusun Pontianak dan dusun Pasir Panjang yang merupakan bagian dari pulau Flores. Ketiga dusun itu aksesnya terisolir dan tidak terjangkau melalui jalan darat.

Pada pertengahan bulan Maret disepakati ketersediaan 100 unit PLTS Atap untuk ketiga dusun tersebut.

Seluruh peranti kelistrikan dan penerangan sebelum sudah dirangkai pada lokasi yang terpisah, Baterai dan inverter untuk setiap modul didesain built-in. Tujuannya, agar efisien dan efektif dari sisi pekerjaan serta kebutuhan waktu saat proses instalasi di lokasi.

Tak lupa juga dilakukan penjelasan ke setiap pemilik rumah perihal pengoperasian dan juga perawatannya.

Secara teknis panel surya mutu utama yang terpasang berlabel Vertex, bisa hasilkan maximum power output sampai 555 Watt dengan tingkat efisiensi yang tinggi untuk soal konsumsi energinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1860 seconds (0.1#10.140)