Spesifikasi T-84 Oplot Tank, Kendaraan Tempur Ukraina yang Siap Isi Garda Depan Pertahanan

Rabu, 17 Mei 2023 - 12:01 WIB
loading...
Spesifikasi T-84 Oplot Tank, Kendaraan Tempur Ukraina yang Siap Isi Garda Depan Pertahanan
T-84 Oplot Tank merupakan kendaraan tempur buatan Ukraina. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - T-84 Oplot Tank merupakan kendaraan tempur buatan Ukraina. T-84 menjadi salah satu kendaraan perang untuk menghadapi Rusia, bersama MBT lain yang telah diberikan seperti Leopard, Challenger, dan Abrams.

Dilansir dari Eurasian Times, Menteri Pertahanan Ukraina, Oleksiy Rezkinov mengumumkan bahwa dia telah menguji dan akan membeli tank produksi lokal tersebut.

Rezkinov menekankan pentingnya kendaraan lapis baja di garda depan pertahanan untuk melindungi tentara Ukraina. Dia juga memberikan banyak penghargaan pada para pekerja yang telah memproduksi T-84 Oplot Tank.



Munculnya berita ini membuat banyak orang bertanya-tanya akan seberapa hebat tank produksi Ukraina ini.

Spesifikasi T-84 Oplot Tank

T-84 Oplot Tank yang telah diuji dan akan dibeli Oleksiy Rezkinov ini diproduksi oleh produsen pertahanan milik negara, Ukroboronprom.

Lebih dari dua puluh tahun yang lalu, pabrik Kharkiv Malyshev pernah memberikan sepuluh T-84 Oplot untuk tentara Ukraina. Sampai saat ini hanya terdapat sekitar enam sampai lima tank yang masih aktif, sehingga keberadaan tank ini cukup jarang terlihat di medan perang.

T-84 Oplot Tank mulai dikenalkan ke publik pada tahun 2009, kendaraan tempur ini punya sistem navigasi, kompleks penanggulangan optoelektronik, pembidik pencitraan termal, dan sistem perlindungan kombinasi dan anti-radar.

Pada sisi persenjataan utama, tank ini dilengkapi dengan 125mm, senapan mesin koaksial 7,62mm, dan senapan mesin anti-pesawat 12,7mm.

Selain itu terdapat pula senapan mesin KT-7,62 7,62 mm dengan kecepatan tembakan 700-800 peluru per menit, sebagai persenjataan sekunder.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1932 seconds (0.1#10.140)