Spesifikasi Tank T-90 A, Milik Rusia yang Dirampas Ukraina dan Kini Diteliti AS

Sabtu, 15 April 2023 - 02:20 WIB
loading...
Spesifikasi Tank T-90 A, Milik Rusia yang Dirampas Ukraina dan Kini Diteliti AS
Tank T-90 A ciptaan Rusia yang digunakan dalam invasi ke Ukraina ini sekarang tengah berada di Amerika Serikat untuk diteliti. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Tank T-90 A ciptaan Rusia yang digunakan dalam invasi ke Ukraina ini sekarang tengah berada di Amerika Serikat untuk diteliti. Dilansir dari Business Insider, tank T-90 sempat ditinggalkan oleh pasukan Rusia ketika berperang melawan Ukraina.

Kendaraan lapis baja tersebut akhirnya dirampas oleh angkatan bersenjata Ukraina. Namun hal mengejutkan justru terjadi ketika tank rampasan itu berada di Louisiana. Keberadaan T-90 yang dibawa oleh trailer ini diduga akan diteliti oleh militer AS.


Spesifikasi Tank T-90 A

Panjang : 6,86 m
Panjang Meriam : 9,53 m
Tinggi : 2,06 m
Kecepatan : 60 km/jam
Jangkauan : 550 km
Berat : 46.500 kg
Jumlah Awak : 3

Menurut Army Recognition, tank T-90 merupakan pengembangan lebih lanjut dari T-72B Main Battle Tank (MBT), dengan peningkatan daya tembak, mobilitas dan perlindungan.

Tank tersebut mulai beroperasi di Angkatan Darat Rusia pada tahun 1992. Kendaraan tempur ini menarik minat India untuk bekerjasama dengan Moskow demi mendatangkan T-90 pada tahun 2001 lalu.



T-90 dipersenjatai dengan meriam smoothbore dua sumbu 125mm 2A46M yang distabilkan. Selain itu, ada juga senapan mesin PKT 7,62 mm yang dipasang secara koaksial dengan meriam utama, dan satu senapan mesin anti-pesawat NSVT 12,7 mm dipasang di kubah komandan.

Untuk amunisinya sendiri, tank ini dibekali dengan amunisi proyektil penusuk lapis baja yang dapat melumpuhkan berbagai target keras, dan dapat menargetkan helikopter yang terbang rendah.

Terdapat tiga sistem perlindungan yang diusung tank ini, dimulai dari lapisan baja komposit di turret untuk berlindung dari serangan peluru, armor yang dapat meredam ledakan untuk bertahan dari ledakan ranjau, hingga sistem yang dapat bertahan dari senjata pemusnah massal seperti nuklir.

Tank andalan Rusia ini ditenagai dengan mesin Diesel multi-bahan bakar berjenis V-84MS 12 silinder yang menghasilkan 840 hp.

T-90 sendiri merupakan tank pertama yang dilengkapi dengan sistem penanggulangan optoelektronik Shtora-1, yang memungkinkan kendaraan terhindar dari sistem laser musuh.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3521 seconds (0.1#10.140)