Harta Karun Langka Uni Soviet Jatuh ke Tangan AS, Peralatan Perang yang Diproduksi Terbatas

Kamis, 18 Mei 2023 - 22:11 WIB
loading...
Harta Karun Langka Uni Soviet Jatuh ke Tangan AS, Peralatan Perang yang Diproduksi Terbatas
Bak harta karun yang langka, tank T-72M1 Scarab termasuk main battle tank tangguh yang diproduksi dalam jumlah sedikit. Foto/Twitter/Bulgarian Military/army recognition
A A A
IOWA - Bak harta karun yang langka, tank T-72M1 Scarab termasuk main battle tank tangguh yang diproduksi dalam jumlah sedikit. Tank ini hanya diproduksi Ceko yang dikembangkan berdasarkan tank legendaris era Uni-Soviet T-72.

Menurut informasi dari sumber terbuka, tank T-72M1 Scarab ini diproduksi dalam jumlah yang sangat kecil. Beberapa menyebutkan hanya diproduksi sebanyak 30 unit oleh Ceko. Saat ini hanya 10 yang tersisa dan digunakan oleh Angkatan Darat Ceko, sedangkan 20 lainnya dikanibal untuk suku cadang.

Dikutip dari laman Bulgarian Military, Kamis (18/5/2023), menurut sumber lain, setidaknya ada 36 unit tank T-72M1 yang telah diupgrade. Sebagian dari tank ini disumbangkan ke Ukraina setelah dimulainya invasi Rusia, bersama upgrade tank T-72M4CZ.



Tank T-72M1 adalah versi ekspor dari T-72A yang dikenal dengan sebutan Ceko Ob'yekt 172M-E5 dan dikembangkan pada pertengahan 1980-an. Tank T-72 Scarab dilengkapi dengan power pack yang jauh lebih baik dan armor (perlindungan lapis baja) terhadap senjata pemusnah massal.

Tank T-72M1 ini semakin unik dengan dilengkapi dengan armor reaktif DYNA yang diproduksi oleh perusahaan Ceko Excalibur Army. Untuk pertama kalinya, modifikasi T-72M1 dengan lapis baja DYNA ini dihadirkan ke publik hampir empat tahun lalu, tepatnya pada 2019.
Harta Karun Langka Uni Soviet Jatuh ke Tangan AS, Peralatan Perang yang Diproduksi Terbatas


Kabar mengejutkan, tank T-72M1 yang langka ini terlihat sedang diangkut di sekitar Camp Dodge, Iowa, Amerika Serikat (AS). Kabar ini dilaporkan akun Twitter Ronkainen, yang melacak transportasi tank tersebut, namun ke mana tujuan akhir tank itu tidak dilaporkan.

Juga tidak diketahui apakah tank itu diangkut untuk diuji. Hanya disebutkan tank T-72M1 tersebut berasal dari Nevada Automotive Test Center ke Aberdeen Test Center, MD. Foto-foto tank tersebut tersebar pada tanggal 16 dan 17 Mei di web.



Spesifikasi Tank T-72 Scarab

Dikutip dari laman Army Recognition, perusahaan Ceko Excalibur menghadirkan T-72 Scarab, program modernisasi baru untuk meningkatkan tank tempur utama T-72 buatan Soviet pada 2017. Tank ini telah ditingkatkan kemampuan mobilitas, perlindungan, dan daya tembaknya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2234 seconds (0.1#10.140)