Spesifikasi P-8 Poseidon, Pesawat Patroli AS yang Digunakan India untuk Membantu China

Jum'at, 19 Mei 2023 - 14:03 WIB
loading...
Spesifikasi P-8 Poseidon, Pesawat Patroli AS yang Digunakan India untuk Membantu China
Spesifikasi P-8 Poseidon menjadi pembahasan yang menarik untuk diulas. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Spesifikasi P-8 Poseidon menjadi pembahasan yang menarik untuk diulas. Beberapa waktu lalu, pesawat buatan AS ini digunakan India untuk membantu China.

Menurut laporan EurAsian Times, terdapat sebuah pemandangan langka ketika angkatan laut India dan China bekerja sama di laut lepas. Singkatnya, pada 17 Mei lalu New Delhi membantu pencarian dan penyelamatan kapal penangkap ikan Beijing yang tenggelam di wilayah Samudra Hindia Selatan.

Momen ini adalah pertama kalinya angkatan laut India dan China bekerja sama di laut lepas pasca konflik Lembah Galwan di Ladakh Timur pada 2020 lalu. Menariknya lagi, India membantu pencarian kapal China dengan menggunakan pesawat patroli yang dibelinya dari Amerika Serikat, yaitu P-8 Poseidon.


Spesifikasi P-8 Poseidon Buatan Amerika Serikat

Boeing P-8 atau dikenal P-8 Poseidon ini merupakan pesawat patroli maritim multi-misi. Pesawat buatan Boeing tersebut dirancang untuk banyak misi seperti pengawasan, pengintaian, mendukung perang laut, hingga misi pencarian atau penyelamatan.

Mengutip laman Boeing, P-8 memiliki dua varian. Pertama ada P-8I yang digunakan angkatan laut India, serta P-8A yang dioperasikan angkatan laut AS, Inggris, Australia, dan beberapa negara lainnya.

Dalam riwayatnya, P-8I dibeli India dari perusahaan Boeing AS pada tahun 2013. Per 15 Mei 2023 lalu, pesawat ini tercatat telah menyelesaikan 40 ribu jam operasi dalam kurun waktu 10 tahun ke belakang.

Saat ini, angkatan laut India diperkirakan memiliki delapan unit P-8I yang ditempatkan di Skuadron INAS 312. Beberapa waktu lalu, pesawat juga digunakan dalam misi bantuan pencarian kapal China yang tenggelam.

Pada desain yang dimilikinya, P-8I dirancang untuk misi jarak jauh, anti-submarine warfare (ASW), anti-surface warfare (ASuW), hingga misi pengawasan dan pengintaian. Beralih ke fiturnya, pesawat ini dibekali sensor canggih serta sistem senjata dan platform lain yang telah diakui secara global.


Spesifikasi P-8I India Buatan AS

-Penggerak : 2 mesin CFM56-7

-Panjang : 39,47 meter
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2491 seconds (0.1#10.140)