Spesifikasi Amfibi AG600M, Pesawat China yang Sukses Diterbangkan

Selasa, 28 Februari 2023 - 14:16 WIB
loading...
Spesifikasi Amfibi AG600M, Pesawat China yang Sukses Diterbangkan
China terus menunjukan kekuatan militer dan teknologinya. Foto DOK Antara
A A A
JAKARTA - China terus menunjukan kekuatan militer dan teknologinya. Kali ini Negeri Tirai Bambu itu telah sukses melakukan penerbangan perdana dari prototipe pesawat amfibi AG600M keempatnya di Zhuhai, Provinsi Guangdong, China Selatan.

Dilansir dari Eurasian Times, pada 25 Februari 2023, pesawat melakukan beberapa uji terbang selama 17 menit. Dalam uji tersebut menunjukkan kinerja yang sangat baik dengan sistem kontrolnya dan semua sistem lainnya berfungsi dengan baik, menurut sang pengembang Aviation Industry Corporation of China (AVIC).

Baca juga : Spesifikasi Pesawat Hari Kiamat Rusia Ilyushin Il-80

Pesawat jenis AG600 sendiri dikenal sebagai Kunlong atau "Naga Air" bila diartikan. Mereka telah dirancang sebagai peralatan penerbangan yang penting untuk meningkatkan kemampuan penyelamatan darurat China.

Pesawat amfibi tersebut juga dapat digunakan untuk proses pencarian maritim, penyelamatan, dan operasi penting lainnya. Sementara AG600M merupakan model yang dibuat untuk memadamkan api dari udara dan khusus dibuat untuk memadamkan kebakaran hutan.

Menurut Aerospace Technology, AG600, juga dikenal sebagai TA-600, adalah pesawat amfibi terbesar di dunia. Model awal pesawat ini dimunculkan pada tahun 2016 silam.

Sejak pengembangan AG600 disetujui oleh pemerintah China, terdapat sekelompok 70 produsen komponen pesawat dan tim peneliti yang bekerja sama dengan lebih dari 150 lembaga di 20 provinsi dan kotamadya di Negeri Tirai Bambu.

Pesawat yang dirancang untuk menjalankan berbagai tugas evakuasi ini dapat menampung lebih dari 50 orang penumpang, dan dapat melaju hingga kecepatan maksimum 560 km/jam dan kecepatan minimum 220 km/jam.

Jangkauan dari pesawat ini sendiri mencapai 4.500 km dengan ketinggian 6.000 m, sedangkan ketinggian penerbangan level minimum adalah 50 m.

Baca juga : Spesifikasi JAS 39 Gripen, Pesawat Tempur Multiperan Tercanggih Swedia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2305 seconds (0.1#10.140)