5 Jet Tempur Sukhoi Rusia yang Paling Terkenal di Dunia

Rabu, 24 Mei 2023 - 17:45 WIB
loading...
5 Jet Tempur Sukhoi Rusia yang Paling Terkenal di Dunia
Sukhoi Rusia menjadi salah satu produsen jet tempur yang terbilang sangatlah hebat. Salah satunya Sukhoi SU-57. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sukhoi Rusia menjadi salah satu produsen jet tempur yang terbilang sangatlah hebat. Hal itu dikarenakan berbagai pesawat yang diproduksinya berhasil memperkuat beberapa militer negara di dunia.

Setiap tahunnya, Sukhoi memproduksi jet tempur dan mengembangkan desain pesawat terbarunya. Namun tidak semua produknya itu terkenal, sedikitnya ada lima jet tempur Sukhoi yang terkenal akan kelebihannya.



Berikut ini adalah lima jet tempur Sukhoi Rusia yang paling terkenal:

1. Sukhoi SU-57

Sukhoi SU-57 merupakan pesawat tempur generasi pertama dan menjadi yang paling terkenal. Hal yang membuat jet tempur siluman ini mudah dikenal yakni adanya kecerdasan buatan untuk operasi anti-udara dan udara ke darat.

Selain itu, jet tempur ini termasuk jet tempur yang paling cepat. Jika menggunakan subsonik, jet ini mampu menjangkau hingga 3.500 km dan lebih dari 1.500 km jika dalam kecepatan supersonik.

2. Sukhoi SU-75 Checkmate

SU-75 Checkmate merupakan pesawat tempur udara taktis canggih bermesin tunggal futuristik generasi kelima yang dikembangkan oleh produsen pesawat Rusia Sukhoi.

Kecepatan maksimum yang dimiliki Sukhoi SU-75 Checkmate mencapai Mach 1,8 (2.205km/jam) dengan jangkauan operasional lebih dari 2.800 km tanpa tangki bahan bakar tambahan.

Selain dikenal sebagai jet yang irit dan gesit, SU-75 juga di telah dilengkapi dengan senjata canggih. Beberapa diantaranya seperti rudal rudal anti-radar, udara-ke-darat, rudal anti-kapal, dan bom ber pemandu.


3. Sukhoi SU-34M

Sukhoi SU-34M merupakan pesawat pengganti Tu-23M dan SU-24 dan mulai beroperasi dengan angkatan bersenjata Rusia sejak tahun 2014 lalu. Jet tempur ini terkenal lantaran memiliki sistem pengebom yang paling terkemuka.

Dilihat dari performanya, pesawat tempur ini mampu terbang hingga kecepatan 1.900 km/jam dengan jangkauan terbang jangkauan terbang 4.000 km. Selain performa, pesawat ini juga dilengkapi dengan senjata canggih seperti rudal udara-ke-udara, anti-radiasi hingga bom terpandu.

4. Sukhoi SU-27

Sukhoi Su-27 memasuki produksi pertama kali pada tahun 1982. Pada zamannya pesawat jenis ini kerap menjadi andalan militer Rusia lantara memiliki mesin ganda yang dapat memberikan keunggulan di udara.

Selain mudah untuk melakukan manuver, pesawat ini juga ternyata memiliki senjata yang cukup lengkap. SU-27 mempunyai senjata 30mm GSh-301 dengan 150 butir amunisi dan berbagai rudal, roket, serta bom yang dipasang secara eksternal pada sepuluh cantelan.

5. Sukhoi SU-30

SU-30 adalah varian pesawat tempur multi-peran dua kursi dan merupakan perkembangan dari SU-27. Berbeda dengan versi sebelumnya, jet tempur ini memiliki probe pengisian bahan bakar, sehingga memiliki jangkauan 5.200 km dan durasi penerbangan hingga 10 jam.

Atas kemampuan yang dimilikinya, kini SU telah banyak dipesan oleh beberapa negara di dunia. Lebih dari itu, India juga saat ini memproduksi jenis pesawat jenis secara lokal di bawah lisensi.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1913 seconds (0.1#10.140)