Fenomena Langka! Malam Ini Bulan dan Mars akan Saling Berdekatan

Rabu, 24 Mei 2023 - 17:56 WIB
loading...
Fenomena Langka! Malam Ini Bulan dan Mars akan Saling Berdekatan
Penampakan bulan dan Mars. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Bulan dan Mars akan berada di posisi terdekat mereka. Fenomena ini disebut juga dengan appulse, serta konjungsi, yaitu ketika mereka berbagi kenaikan kanan yang sama (setara selestial bujur).

Dilansir dari Space, peristiwa alam luar biasa itu akan secara kasat mata pada malam hari ini (24/5/2023)

"Momen tepat Appulse adalah 3.19 pm EDT (1919 GMT) dan momen yang tepat dari konjungsi adalah 1.33 PM EDT (1733 GMT)," kata laman itu, dikutip Rabu (24/5/2023).



"Baik bulan dan Mars akan paling mudah terlihat di malam hari. Lebih khusus lagi, waktu terbaik untuk mengamati ini adalah malam ini atau Rabu malam, sebelum kira-kira tengah malam atau jam 1 pagi," jelasnya.

Pada saat appulse dan konjungsi, bulan akan berusia lima hari, jadi itu akan menjadi sabit waxing. Mars akan berlokasi hanya 3 derajat dan 39 menit dari bulan pada pendekatan terdekat mereka.

"Itu cukup dekat untuk melihat keduanya bersama-sama di dalam bidang pandang teropong," sambungnya.



Meskipun dua benda langit akan tampak berdekatan dari sudut pandang bumi, mereka sebenarnya sekitar 180 juta mil (290 juta kilometer) terpisah.

Untuk menemukan bulan dan Mars di langit malam, lihat ke arah kanker rasi bintang, meskipun Anda mungkin mampu melihat tetangga terdekat Bumi tanpa bantuan.

"Ingin melihat langit malam yang bagus? Bisa dengan Celestron Astro FI 102. Jika Anda ingin melihat lebih dekat pada bulan dan Mars malam ini, lihatlah dengan teleskop dan teropong terbaik," tukasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2666 seconds (0.1#10.140)