China Berhasil Foto Keseluruhan Planet Mars

Kamis, 30 Juni 2022 - 00:05 WIB
China Berhasil Foto Keseluruhan Planet Mars
China berhasil foto keseluruhan daerah di planet Mars. FOTO/ IST
JAKARTA - Setelah mengitari planet Mars lebih dari 1.300 kali sejak awal tahun lalu, sebuah pesawat ruang angkasa China akhirnya berhasil memperoleh data yang melibatkan seluruh Mars, termasuk visual kutub selatannya.

Menurut media milik pemerintah China, pesawat luar angkasa China Tianwen-1 yang dikemudikan tanpa awak berhasil 'menaklukkan' planet merah pada Februari 2021 dalam misi perdana negara itu ke Mars.

Seperti dilansir dari Reuters Rabu (29/6/2022) sejak itu, mesin robot telah digunakan di permukaan sebagai orbit yang mengamati planet dari luar angkasa.

Di antara gambar yang diambil adalah foto pertama China di kutub selatan Mars, di mana hampir semua sumber air planet ini tertutup.

Pada tahun 2018, penyelidikan orbital yang dilakukan oleh Badan Antariksa Eropa menemukan air di bawah es kutub selatan planet.

Deteksi air di bawah permukaan merupakan faktor kunci dalam menentukan potensi planet ini untuk mendukung kehidupan serta menyediakan sumber daya permanen untuk setiap eksplorasi manusia di sana.

Gambar lain yang diperoleh Tianwen-1 adalah foto ngarai Valles Marineris sepanjang 4.000 kilometer dan kawah tumbukan dataran tinggi di utara Mars yang dikenal sebagai Arabia Terra.

Tianwen-1 juga mentransmisi ulang gambar resolusi tinggi yang melibatkan ujung kawah Maunder yang luas, serta pemandangan puncak Ascraeus Mons setinggi 18.000 meter, gunung berapi besar yang pertama kali terdeteksi oleh pesawat ruang angkasa Mariner 9 NASA lebih dari lima dekade lalu