Program Roket SLS NASA Molor 6 Tahun, Anggaran Bengkak Rp89 Miliar

Senin, 29 Mei 2023 - 18:28 WIB
loading...
Program Roket SLS NASA Molor 6 Tahun, Anggaran Bengkak Rp89 Miliar
Roket Space Launch System (SLS) NASA yang dirancang untuk membawa astronot ke bulan melebihi anggaran dan molor dari waktu yang dijadwalkan. Foto/NASA/Americaspace
A A A
FLORIDA - Roket Space Launch System (SLS) NASA yang dirancang untuk membawa astronot ke bulan melebihi anggaran dan molor dari waktu yang dijadwalkan. Hasil audit Inspektur Jenderal NASA program Roket SLS sudah molor sekitar 6 tahun dan anggaran membengkan USD6 miliar atau Rp89,7 miliar.

“Jika masalah ini tidak ditangani berpotensi membahayakan seluruh misi Artemis,” keterangan Inspektur Jenderal NASA dikutip dari laman Endgadget, Senin (29/5/2023). Diperkirakan akan ada biaya tambahan dan penambahan waktu untuk program roket SLS.

Pengeluaran NASA untuk Program Bulan Artemis diperkirakan akan mencapai USD93 miliar pada tahun 2025, termasuk USD23,8 miliar yang telah dihabiskan untuk sistem SLS hingga tahun 2022. Jumlah itu mewakili peningkatan biaya sebesar USD6 miliar dan penundaan jadwal selama enam tahun dari proyeksi awal NASA.



Roket SLS, yang akhirnya diluncurkan pertama kali pada November 2022, menggunakan empat mesin RS-25 per peluncuran, termasuk 16 mesin yang diselamatkan dari Space Shuttles yang sudah pensiun. Setelah habis (semua mesin di SLS dapat dibuang), NASA akan beralih ke mesin RS-25E yang dibuat oleh Aerojet Rocketdyne, yang seharusnya 30% lebih murah dan 11% lebih bertenaga.

Roket itu juga menggunakan penguat roket padat yang disediakan oleh Northrop Grumman. Namun, teknologi yang lebih tua tidak membantu anggaran seperti yang diharapkan NASA.

“Peningkatan ini disebabkan oleh masalah yang saling terkait seperti asumsi bahwa penggunaan teknologi warisan dari Space Shuttle and Constellation Program diharapkan menghasilkan penghematan biaya dan jadwal yang signifikan dibandingkan dengan mengembangkan sistem baru untuk SLS,” kata audit tersebut.

Misalnya, hanya 5 dari 16 adaptasi mesin yang telah diselesaikan, dan peningkatan ruang lingkup dan biaya juga telah mencapai kontrak booster. Yang terakhir telah menjadi masalah terbesar, meningkat dari USD2,5 miliar menjadi USD4,4 miliar sejak Artemis diumumkan, dan menunda jadwal selama lima tahun.



"Namun, kompleksitas pengembangan, pemutakhiran, dan pengintegrasian sistem baru bersama dengan komponen warisan terbukti jauh lebih besar daripada yang diperkirakan,” lanjut keterangan Inspektorat NASA.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1806 seconds (0.1#10.140)