3 Astronot China Diluncurkan ke Luar Angkasa, Bertugas 6 Bulan di Tiangong

Selasa, 30 Mei 2023 - 18:36 WIB
loading...
3 Astronot China Diluncurkan ke Luar Angkasa, Bertugas 6 Bulan di Tiangong
3 astronot China diluncurkan ke luar angkasa menggunakan roket Long March 2F dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Gurun Gobi, Selasa (30/5/2023). Foto/CMSA/Space
A A A
BEIJING - 3 astronot China diluncurkan ke luar angkasa menggunakan roket Long March 2F dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Gurun Gobi, Selasa (30/5/2023). Tiga astronot awak Shenzhou 16 akan bertugas selama 6 bulan di Stasiun Luar Angkasa Tiangong.

Ketiga astronot yang bertugas di Tiangong, adalah Jing Haipeng (komandan misi) serta dua astronot pemula, Zhu Yangzhu dan Gui Haichao.  Jing Haipeng adalah veteran misi Shenzhou 7, 9, dan 11, sementara Zhu Yangzhu dan Gui Haichao menuju ke orbit untuk pertama kalinya.

Zhu adalah seorang insinyur penerbangan luar angkasa dan terpilih dalam angkatan ketiga astronot China pada tahun 2020. Gui juga dari kelompok astronot ketiga dan akan menjadi spesialis muatan pertama China yang terbang ke Tiangong.



“Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk menjabat sebagai komandan untuk ketiga kalinya. Kali ini, saya terutama bertanggung jawab atas organisasi dan koordinasi, termasuk komunikasi antariksa-Bumi dan komando misi,” kata Jing kepada wartawan dalam konferensi pers dikutip SINDOnews dari laman Space.

Setelah mencapai orbit dan berlabuh dengan Tiangong, kru akan disambut di atas stasiun ruang angkasa oleh kru Shenzhou 15 pos terdepan saat ini. Komandan misi Fei Junlong dan rekan kru Deng Qingming dan Zhang Lu telah berada di Tiangong sejak November dan akan menyerahkan kendali stasiun luar angkasa kepada kru baru sebelum kembali ke rumah pada awal Juni.

Awal bulan ini China juga meluncurkan pesawat ruang angkasa kargo Tianzhou 6 ke Tiangong untuk mengirimkan pasokan untuk misi Shenzhou 16 selama enam bulan. Misi ini membawa muatan eksperimen sains, peralatan, dan propelan untuk stasiun ruang angkasa.
3 Astronot China Diluncurkan ke Luar Angkasa, Bertugas 6 Bulan di Tiangong


Sementara itu, roket Long March 2F untuk meluncurkan misi Shenzhou 17 dalam waktu enam bulan juga sudah siap di Jiuquan. Pesawat luar angkasa ini akan dipersiapkan jika diperlukan untuk digunakan sebagai sekoci untuk kru Shenzhou 16.



“Roket pembawa Long March 2F Yao 17 kami memasuki area peluncuran pada April 2023 dan telah menjalani perakitan, pengangkatan, dan pengujian. Sekarang dalam keadaan siaga, siap diluncurkan pada saat itu juga,” Song Jing, kepala desainer dari sistem landasan roket Long March 2F, kepada CCTV.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2225 seconds (0.1#10.140)