ASMC Sebut Akibat El Nino Negara ASEAN Akan Diselimuti Asap Tebal

Kamis, 01 Juni 2023 - 05:43 WIB
loading...
ASMC Sebut Akibat El Nino Negara ASEAN Akan Diselimuti Asap Tebal
El Nino akan membuat negara ASEAN diselimuti asap tebal. FOTO/ DAILY
A A A
SINGAPURA - Otoritas cuaca dan iklim telah memperingatkan kabut asap yang lebih serius di wilayah ASEAN selatan antara Juni dan Oktober tahun ini.

Peringatan itu dilakukan saat musim kemarau diprediksi lebih parah dan berkepanjangan dari biasanya.



Pusat Meteorologi Khusus ASEAN (ASMC) membuat pengumuman tersebut sambil mengeluarkan Peringatan Level Satu yang mengindikasikan dimulainya musim kemarau terkait dengan Monsun Barat Daya di wilayah ASEAN selatan.

"Cuaca kering terus-menerus telah tercatat di sebagian besar wilayah Brunei, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand selatan baru-baru ini karena garis hujan muson bergerak ke utara Khatulistiwa.

“Dengan tingginya kemungkinan terjadinya El Nino dalam beberapa bulan ke depan, musim kemarau diperkirakan akan lebih parah dan lebih lama dari tahun-tahun sebelumnya dan diperkirakan berlangsung hingga Oktober mendatang,” jelas lembaga tersebut.

Menurut ASMC, saat ini aktivitas titik api di wilayah ASEAN selatan masih terkendali, dengan masing-masing 14 dan 13 titik api terdeteksi di wilayah tersebut pada 27 dan 28 Mei.

Bahkan, kepulan asap juga terdeteksi di beberapa wilayah pada bulan ini. Namun, sejauh ini tidak ada insiden kabut asap lintas batas yang tercatat.

Sejak awal tahun ini, suhu permukaan laut yang lebih hangat telah tercatat di Pasifik tropis timur.

Hal itu merupakan pertanda awal yang mendukung fenomena El Nino yang akan terjadi dalam beberapa bulan ke depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)