Bendungan Pembangkit Listrik Peninggalan Uni Soviet di Ukraina Hancur

Selasa, 06 Juni 2023 - 20:41 WIB
loading...
Bendungan Pembangkit Listrik Peninggalan Uni Soviet di Ukraina Hancur
Bendungan Kakhovka dekat Kherson Ukraina hancur. FOTO/ EURACTIV
A A A
JAKARTA - Bendungan pembangkit listrik tenaga air era Uni Soviet di Ukraina selatan yang dikuasai Rusia dilaporkan hancur pada Selasa (6/6/2023). Insiden ini terjadi saat Ukraina mulai mengintensifkan operasi serangan balasan berskala besar.



Insiden itu membuat Moscow dan Kiev sekali lagi saling menyalahkan sebagai dalang yang bertanggung jawab.

Bendungan Kakhovka dekat Kherson adalah bukti lain dari kejahatan yang dilakukan oleh 'teroris' Rusia, kata Kepala Staf Presiden Ukraina, Andriy Yermak melalui Telegram.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy juga sependapat dengan Yermak yang menuduh Rusia bertanggung jawab penuh atas insiden tersebut.

"Tindakan merusak bendungan berarti memicu 'bencana' skala besar," tegasnya seperri dilansir dari BBC News, Selasa (6/6/2023).

Sementara itu, kepala administrasi kota Nova Kakhovka yang didukung Moskow, Vladimir Leontiev, mengklaim bahwa daerah aliran sungai sengaja diledakkan oleh tentara Ukraina dan menghancurkan katup gerbang bendungan, menyebabkan aliran air yang tidak terkendali di seluruh zona perang dan kenaikan jangka pendek. dalam kadar air.

“Pembenahan bendungan itu tidak mungkin dalam waktu singkat karena ledakannya membuat strukturnya berlubang,” jelasnya.

Beberapa desa dilaporkan terendam banjir sehingga memaksa warga untuk segera dievakuasi.

Bendungan Kakhovka setinggi 30 meter, sepanjang 3,2 kilometer (km) telah berada di bawah kendali Rusia sejak invasi ke Ukraina dimulai pada Februari 2022.

Bendungan ini memasok air ke Semenanjung Krimea, yang dianeksasi Kremlin pada 2014, dan Zaporizhzhia fasilitas nuklir. Insiden tersebut diduga tidak menimbulkan ancaman terhadap keselamatan nuklir.

Dibangun di atas Sungai Dnipro pada tahun 1956 selama era Soviet. Sebagian strukturnya terbuat dari beton dan tanah. Salah satu infrastruktur terbesar dari jenisnya di Ukraina. Ia menampung sekitar 18 kilometer kubik air yang setara dengan Great Salt Lake di Utah, Amerika Serikat (AS).
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)