Ukraina Deteksi Kendaraan Lapis Baja Buatan China di Rusia, Ini Spesifikasi IMV Baoji Tiger

Kamis, 08 Juni 2023 - 21:14 WIB
loading...
Ukraina Deteksi Kendaraan Lapis Baja Buatan China di Rusia, Ini Spesifikasi IMV Baoji Tiger
Sejumlah foto kendaraan mobilitas infanteri (infantry mobility vehicles/IMV) Baoji Tiger berjejer di depan istana Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov. Foto/Twitter/Bulgarian Military
A A A
KIEV - Penggunaan kendaraan lapis baja buatan China oleh pasukan Rusia terdeteksi pelacak senjatan Ukraina. Sejumlah foto kendaraan mobilitas infanteri (infantry mobility vehicles/IMV) Baoji Tiger berjejer di depan istana Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov.

Menurut Pelacak Senjata Ukraina atau Ukraine Weapons Tracker, ini adalah kendaraan baru yang dibeli untuk unit pasukan Chechnya yang berpartisipasi dalam Operasi Militer Khusus di Ukraina (the special military operation in Ukraine/SMO). Diketahui pasukan Chechen mendukung invasi Rusia ke Ukraina dan berperang di pihak pasukan Rusia.

“Ini adalah bukti pertama bahwa peralatan militer China terlibat dalam perang di Ukraina,” tulis laman Bulgarian Military yang dikutip SINDOnews, Kamis (8/6/2023). Perlu juga dicatat bahwa ini bukan pembelian langsung dari Federasi Rusia, tetapi dari pemimpin Chechnya Kadyrov.



Foto yang dirilis oleh Ukraine Weapons Tracker menunjukkan Kadyrov bersiap untuk mengirim 8 unit IMV Baoji Tiger. Namun, apakah dia membeli sebanyak itu atau lebih, masih belum jelas. Setidaknya untuk saat ini baru 8 unit yang diketahui.

Spesifikasi IMV Baoji Tiger

IMV Baoji Tiger lebih dikenal dengan nama Shaanxi Baoji Tiger, termasuk kendaraan militer terbaru yang mulai diproduksi tahun 2010. Shaanxi Baoji Tiger pertama kali diperlihatkan pada tahun 2012 di Paris, saat pameran militer internasional Eurosatory 2012.

IMV Baoji Tiger yang dibeli Kadyrov adalah versi ekspor. Diketahui selain Chechnya, Bahama, Bolivia, dan Somalia juga mengoperasikan kendaraan ini. Shaanxi Baoji Tiger adalah sasis 4×4. Kendaraan tersebut merupakan model lintas alam.



Kendaraan lapis baja ini dioperasikan oleh dua orang awak, seorang pengemudi dan seorang komandan. IMV Baoji Tiger dapat membawa hingga sembilan prajurit infanteri dengan perlengkapan tempur lengkap.
Ukraina Deteksi Kendaraan Lapis Baja Buatan China di Rusia, Ini Spesifikasi IMV Baoji Tiger


Di atas kendaraan terdapat menara yang berputar dan terbuka, dilengkapi dengan senapan mesin ringan. Turret dilengkapi dengan bukaan palka lapis baja dua bagian dari samping, yang dapat menerima pelindung tambahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4722 seconds (0.1#10.140)