Obsnas Timau Milik Indonesia Jadi yang Terbesar di Asia Tenggara, Ini Keistimewaannya

Jum'at, 09 Juni 2023 - 09:26 WIB
Observatorium Timau akan segera beroperasi dan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Foto: Instagram ORPA-BRIN
BANDUNG - Indonesia bakal memiliki observatorium terbesar di Asia Tenggara yang ada di lereng kaki Gunung Timau , Kupang, Nusa Tenggara Timur. Apa saja keistimewaannya?

Penantian tujuh tahun Indonesia akan peresmian Observatorium Nasional Timau akhirnya bakal segera tuntas. Pembangunan observatorium yang ada di kaki gunung Timau, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) itu bakal segera selesai dan beroperasi dalam waktu dekat.

Hal itu terlihat berdasarkan unggahan video dan foto akun Instagram resmi milik @lapan_ri, Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (ORPA-BRIN). Dalam unggahan tersebut terlihat pembangunan Observartorium Nasional Timau sudah hampir selesai.

Kubah yang jadi bagian penting bangunan Observatorium Nasional Timau sudah selesai terpasang. Di bagian dalam kubah itu nantinya akan ditempatkan teleskop berukuran 3,8 meter.

Teleskop itu menurut ORPA-BRIN mirip dengan teleskop Seimei yang ada di Observatorium Okayama milik Universitas Tokyo, Jepang.
"Berbagai komponen teleskop yaitu teroping dan frame penggerak saat ini sudah sampai di Observatorium Timau. Pengangkutannya ke lokasi pun dilakukan dengan beberapa truk kontainer," tulis keterangan ORPA-BRIN.

Lebih lanjut disebutkan setelah komponen cermin tiba di lokasi, teleskop tersebut akan langsung dirakit dan dilakukan kalibrasi. Proses perakitan kalibrasi akan dilakukan bersama tim Indonesia dan para teknisi dari Jepang.

"Nantinya Observatorium Nasional Timau memiliki keunggulan dalam pengamatan langit belahan bumi bagian utara dan bagian selatan karena terletak di daerah khatulistiwa," sebut keterangan ORPA-BRIN.

Teleskop yang dimiliki oleh Observatorium Timau memang jadi salah satu faktor yang sangat istimewa. Pasalnya dari segi desain bangunan, sebenarnya Observatorium Timau tidak jauh berbeda dengan Observatorium Bosscha yang ada di Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Diketahui teleskop yang ada di Observatorium Bosscha hanya memiliki diameter sebesar 0,6 meter.

Berdasarkan informasi Go Astronomy, saat ini wilayah Asia Tenggara memiliki 17 observatorium yang sudah beroperasi. Indonesia memiliki dua observatorium fungsional yakni Bosscha dan Observatorium Jakarta yang ada di Taman Ismail Marzuki.