6 Jam Bekerja di Luar Angkasa, 2 Astronot NASA Berhasil Pasang Panel Surya di ISS

Minggu, 11 Juni 2023 - 09:15 WIB
loading...
6 Jam Bekerja di Luar Angkasa, 2 Astronot NASA Berhasil Pasang Panel Surya di ISS
Menghabiskan waktu selama lebih dari 6 jam di luar angkasa, dua astronot NASA berhasil memasang susunan panel surya di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Foto/NASA TV
A A A
FLORIDA - Menghabiskan waktu selama lebih dari 6 jam di luar angkasa, dua astronot NASA berhasil memasang susunan panel surya di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Panel surya seberat 340 kilogram yang berada di sisi kanan rangka tulang punggung ISS berfungsi untuk sumber energi.

Dua astronot NASA , yaitu Stephen Bowen dan Warren "Woody" Hoburg, melaksanakan tugas penting ini pada Jumat 9 Juni 2023. Bowen dan Hoburg, kru misi Ekspedisi 69 menggenakan pakaian antariksa khusus keluar dari airlock Quest dan mulai bekerja di luar stasiun ISS.

Bowen menuju ke tempat Stasiun Luar Angkasa Internasional Roll-Out Solar Array (iROSA) baru yang dipasang sementara. Sementara itu, Hoburg mengambil dan memasang penahan kaki portabel di ujung lengan robotik Canadarm2.



Dia kemudian naik ke lengan, yang dikendalikan oleh astronot Uni Emirat Arab (UEA) Sultan AlNeyadi dari dalam stasiun luar angkasa. Setelah Bowen melepaskan iROSA dari paletnya, Hoburg memegang panel surya seberat 340 kilogram untuk membawanya ke dudukan pemasangannya di sisi kanan rangka tulang punggung stasiun.

Hoburg memegang iROSA yang digulung saat AlNeyadi menggerakkan lengan untuk memindahkannya dan perangkat keras ke lokasi baru. Kedua astronot kemudian menunggu, untuk memasang kabel yang menghubungkan iROSA baru dengan susunan surya saluran daya 1A warisan stasiun.

"Kelihatannya bagus. Sepertinya terbentang dengan baik, dan semuanya tampak berbaris," kata Bowen, menggambarkan larik panel surya baru saat dibuka gulungannya.
6 Jam Bekerja di Luar Angkasa, 2 Astronot NASA Berhasil Pasang Panel Surya di ISS


Seperti empat panel surya yang dikerahkan sebelumnya, susunan baru ini memiliki panjang 18,2 meter kali 6 meter. Setiap IROSA baru menghasilkan lebih dari 20 kilowatt listrik, dan setelah semua susunan dipasang, akan memungkinkan peningkatan 30% produksi daya di atas panel ISS.



Setelah menyelesaikan tugas utama untuk spacewalk hampir satu jam lebih cepat dari jadwal, kedua astronot masuk kembali ke ISS. Spacewalk ini adalah yang pertama dari Hoburg dan yang kesembilan dari Bowen.

Bowen tercatat telah menghabiskan total 60 jam dan 22 menit di EVA, menempatkannya di peringkat kelima di dunia untuk waktu terbanyak bekerja di ruang hampa udara. Ini adalah spacewalk ketujuh untuk tahun ini dan yang ke-264 didedikasikan untuk perakitan dan pemeliharaan Stasiun Luar Angkasa Internasional sejak 1998.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1693 seconds (0.1#10.140)